Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Opini : Saatnya Pelindo Miliki Tenaga Bongkar Muat Sendiri pada level Operasional

16/12/21, 10:18 WIB Last Updated 2021-12-16T03:24:33Z



PELABUHAN
Komersil merupakan Pintu Gerbang ekonomi sebuah Negara. Pelabuhan seperti yang dikelola oleh PT Pelindo (Persero) adalah mengemban tugas ekonomi Negara untuk kegiatan ekspor dan Impor Barang (petikemas). Demikian halnya juga, Pelabuhan menjaga distribusi logistic nasional (antar pulau), sehingga kebutuhan masyarakat lokal dan nasional terus dapat terpenuhi.

Tetapi bayangkan jika operasional Pelabuhan terhambat atau bahkan terhenti pelayanannya, misalnya karena ‘Ulah TKBM’ atau Tenaga Kerja Bongkar Muat yang selama ini sudah menjadi mitra dalam kegiatan di Pelabuhan baik di layanan terminal petikemas dan atau di terminal  curah.


Maka tentu saja aksi demo Buruh TKBM itu berdampak bukan saja di Pelabuhan dimana tempat kejadian perkara (TKP), atau aksi demo Buruh TKBM berlangsung. Dampak aksi Demo tentu di tingkat lokal wilayah, nasional bahkan berdampak di tingkat international.


Betapa tidak, bisa jadi karena aksi demo Buruh TKBM layanan bongkar muat curah pada Kapal International menjadi terhambat (delay) atau bahkan terhenti sama sekali.


Padahal aksi demo buruh TKBM itu misalnya karerna minta kenaikan upah, atau persoalan lain, misalnya ada istilah TKBM UMKM yang ada di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung.


Semestinya para Buruh TKBM juga bijaksana dalam menyikapi persoalan yang menimpa diri mereka. Misalnya aksi demo melalui perwakilan pengurus, menghadap ke instansi yang berwenang seperti Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) yang memang sebagai Pembina dari TKBM di sebuiah Pelabuhan Komersil beroperasi.


Saatnya Pelindo Bentuk TKBM Sendiri?

JIka sekiranya persoalan TKBM di sebuah Pelabuhan tidak bisa ‘diajak kompromi’ dalam hal pelayanan dan operasional pelabuhan komersil, maka tidak ada jalan lain, Pelindo dapat membentuk atau merekrut karyawan atau pekerja untuk ditempatkan di level operasional.


Dengan demikian Pelindo tidak dikhawatirkan lagi jika ada aksi demo Buruh TKBM atau Aksi Mogok TKBM yang tidak perlu.


Apalagi kedepan Pelindo terus mengarah pada layanan Digitalisasi, sehingga tidak akan banyak menggunakan tenaga Buruh TKBM, bahkan bisa jadi Layanan Pelindo kedepan tidak menggunakan lagi yang namanya TKBM?.


(Tim Redaksi ISL News)    

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Opini : Saatnya Pelindo Miliki Tenaga Bongkar Muat Sendiri pada level Operasional

Terkini

Topik Populer

Iklan layanan ISL 4 media grup