Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

GM Drajat Sulistyo : Gebrakan Pelindo Regional 2 Pasca Dua tahun Merger Pelindo

26/10/23, 10:02 WIB Last Updated 2023-10-26T03:05:42Z



JAKARTA TANJUNG PRIOK (ISL News)
- Dua tahun Pasca Penggabungan Pelindo yang merupakan bagian dari empat tahun transformasi BUMN dalam mengelola Perusahaan plat merah membuahkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi kepelabuhanan nasional. Sejak saat itu PT. Pelindo tidak hentinya melakukan gebrakan dengan melakukan transformasi dalam beberapa aspek penting diantaranya operasi, bisnis dan komersial, teknik, serta keuangan dan sdm untuk perkembangan Perusahaan yang berfokus pada pembangunan berkelanjutan.


Regional Head 2 Pelindo, Drajat Sulistyo mengatakan Regional 2 dalam 4 Tahun Transformasi BUMN untuk Indonesia Maju telah melakukan pengembangkan program transformasi dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi kepelabuhanan nasional. Salah satunya adalah program transformasi operasi yang meningkatkan standarisasi pelayanan baik di kapal dan barang maupun di terminal penumpang. Peningkatan fasilitas penumpang yang mencakup peningkatan level of service yang terdiri dari penataan bagasi penumpang, penataan porter, penataan pala operasi, serta implementasi autogate.


Hasilnya cukup signifikan pada Agustus 2023, Pelindo Regional 2 mencatat adanya peningkatan trafik kapal di Regional 2 sebanyak 12% dibandingkan Agustus 2022. Selain kenaikan trafik kapal, arus penumpang juga mengalami kenaikan yang signifikan, yakni 37% yang diukur pada periode yang sama, dengan bertambahnya lebih dari 200.000 penumpang.


Selain dari program transformasi operasi, Pelindo Regional 2 juga melakukan tranformasi di bidang bisnis dan komersial, yang berfokus pada ekspansi pasar berupa pengembangan pelayanan pemanduan dan penundaan kepada 5 TUKS di Cabang Panjang, Jambi, Banten, dan Tanjung Pandan. Optimalisasi lahan idle dengan luas 1,03 Juta m2, serta pengembangan bisnis baru berupa pengembangan layanan Container Scanner (Hi Co Scan) yang dilakukan di Terminal Peti Kemas Internasional Tanjung Priok serta pengembangan layanan Oil Spill Boom di cabang Teluk Bayur.


Drajat menambahkan, Sejauh ini, Pelindo khususnya Regional 2 telah berkembang pesat dan terus akan berkembang dengan program transformasi yang dijalankan, didukung oleh sistem yang berjalan dengan baik, serta penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) juga sangat penting, penerapan core value AKHLAK yang sejalan dengan Kementerian BUMN pun tertanam di masing-masing pegawai Regioal 2. Dengan diterapkannya core value AKHLAK yang sejalan dengan Kementerian BUMN, aspek Sumber Daya Manusia (SDM) pun meningkat sebesar 44%.


Selain dari program transformasinya, Pelindo juga telah meraih banyak sertifikasi dan penghargaan. Dalam periode 2021-2022, Regional 2 tercatat telah memiliki penghargaan sebanyak 18 SNI Awards beserta dengan 5 sertifikasi termasuk dengan sertifikasi ISPS Code Sistem Manajemen Keamanan Pelabuhan. Selama 2022 dan 2023, Pelindo juga telah berhasil menangani penyelesaian asset lahan bermasalah seluas 323.100 m2 di Cabang Tanjung Priok, Banten, dan Teluk Bayur.


Untuk rencana kedepannya, Pelindo memiliki beberapa rencana termasuk berkolaborasi dengan Pelindo Group dan Stakeholder, serta terus melanjutkan program transformasi yang berpedoman pada core value AKHLAK untuk membawa Indonesia terus maju.



(Redaksi ISL News/Humas Regional Head 2/email:islnewstv@gmail.com). 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • GM Drajat Sulistyo : Gebrakan Pelindo Regional 2 Pasca Dua tahun Merger Pelindo

Terkini

Topik Populer