Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

IPCC Bidik Area BIMP-EAGA, Guna Mewujudkan EKSPANSI Beyond The GATE

27/02/23, 19:58 WIB Last Updated 2023-02-27T12:59:22Z

 


JAKARTA (ISL News) - Sejalan dengan salah satu program utama PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC Terminal Kendaraan/IPCC), “Expansion”, Perseroan berencana jajaki kerjasama dengan sejumlah pihak untuk pengelolaan Terminal Kendaraan berikut dengan sejumlah pelayanan yang berada di dalam ekosistemnya pada area BIMP-EAGA. 


IPCC melihat adanya potensi pengembangan kerjasama di wilayah ini. BIMP-EAGA sendiri merupakan kepanjangan dari Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area, yang merupakan salah satu kerja sama ekonomi subregional yang dibentuk pada tahun 1994 dengan tujuan utama meningkatkan kerja sama ekonomi dan integrasi di antara wilayah anggotanya.


Sebagai kawasan Maritim, BIMP-EAGA menawarkan banyak peluang untuk perdagangan, investasi, dan
pariwisata. Adapun negara-negara tersebut juga merupakan negara tujuan ekspor kendaraan dari Indonesia, khususnya dari terminal IPCC. 


Oleh karena itu, IPCC yang merupakan bagian dari Pelindo Group melihat adanya peluang untuk pengembangan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak di empat negara ini. Di sisi lain, hal ini juga sejalan dengan rute pengembangan ekspansi IPCC untuk pengelolaan terminal kendaraan di wilayah Indonesia Timur yang secara geografis dekat dengan wilayah BIMP-EAGA tersebut.


Dalam paparannya yang berjudul IPCC Strategy Towards Business Expansion and Collaboration, Rio T.N Lasse, Direktur Utama IPCC menyampaikan bahwa area BIMP merupakan pasar yang potensial untuk kolaborasi pengembangan pelayanan RORO (RORO Services). Apalagi jika Ibu Kota Nusantara di Balikpapan cepat terealisasi maka rute RORO ke wilayah BIMP ini dapat lebih ditingkatkan sehingga akan lebih efektif dan efisien.


Dengan spirit Beyond The Gate, Kami sebagai pengelola Terminal Kendaraan melihat adanya Kerjasama BIMP-EAGA ini dapat berimbas positif pada bisnis Terminal Kendaraan dan juga ekosistemnya di masa depan. Area BIMP merupakan pasar yang sangat potensial untuk kolaborasi pengembangan pelayanan RORO. Di sisi lain, pengembangan pada pelayanan RORO Terminal dapat lebih ditingkatkan dengan terealisasinya pembangunan Ibu Kota Nusantara yang berlokasi di Balikpapan dimana di area ini kebetulan juga sedang kami jajaki Kerjasama pengelolaan Terminal Kendaraan yang terstandardisasi world class car terminal.” Ujar Rio di sela-sela paparan presentasinya dalam rangkaian kegiatan BIMP-EAGA Maritime 2023.


Rangkaian kegiatan pameran dan conference BIMP-EAGA Maritime 2023 telah diadakan di Hotel JW Marriots, Jakarta yang berlangsung pada 22-23 Februari 2023 dimana pada pertemuan ini PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Persero bertindak sebagai host yang didukung oleh BIMP-EAGA Business Council (BEBC), Kadin Indonesia, dan The Chartered Institute of Logistic and Transport. Acara ini juga dihadiri oleh berbagai pihak para pelaku usaha yang bergerak di bidang industri maritim dan logistik dari berbagai negara. 


Di sisi lain, sebagai bagian dari Pelindo Group, IPCC turut berpartisipasi dalam pameran BIMP-EAGA Maritime 2023 untuk mendukung road map Pelindo Group yaitu expansion, partnership and connectivity. Adapun partisipasi IPCC selain membuka booth pameran, juga berkesempatan sebagai salah satu panelis dalam conference yang diwakilkan oleh Direktur Utama IPCC, Rio T.N Lasse. Dalam kesempatan tersebut, Rio menyampaikan program utama Perseroan, yaitu Digitalization, Expansion, and Integration serta potensi kerjasama maupun kolaborasi untuk pengembangan layanan Terminal Kendaraan dengan sejumlah pihak dalam area BIMP melalui implementasi tiga program utama Perseroan tersebut.


(Redaksi ISL News/Corco IPCC/email:islnewstv@gmail.com)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • IPCC Bidik Area BIMP-EAGA, Guna Mewujudkan EKSPANSI Beyond The GATE

Terkini

Topik Populer