Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

GM PELINDO Pontianak : Utamakan KESELAMATAN atau K 3 dalam Bekerja

04/02/23, 10:35 WIB Last Updated 2023-02-04T03:37:34Z

 





PONTIANAK (ISL News, 2/02/2023)
- Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pontianak, akan terus menerus menggaungkan pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja kepada seluruh pekerja terhadap keselamatan di Pelabuhan. Hal ini disampaikan Hambar Wiyadi, General Manager PT Pelabuhan Indonesia Regional 2 Pontianak.


Menurut dia, keselamatan kerja itu terdiri dari keselamatan pekerja, keselamatan instalasi dan fasilitas, keselamatan lingkungan dan keselamatan umum.


“Bahwa kegiatan di dalam operasional kepelabuhanan sangat berisiko tinggi. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita sebagai keluarga besar pelabuhan dalam melaksanakan kegiatan usaha kepelabuhanan untuk memiliki pemahaman serta penerapan budaya K3 yang baik,” paparnya saat menyampaikan sambutan di acara Talk Show Safety and Healthy to Work, Kamis (2/2/2023).


Hambar berharap setiap insan pekerja pelabuhan memiliki kesadaran budaya K3  yang melekat dan lebih berakar dalam setiap kesempatan kegiatan operasional jasa kepelabuhanan untuk memenuhi permintaan pelayanan kepada pelanggan.


“K3 merupakan salah satu aspek penting dalam perlindungan tenaga kerja dan merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja,” ulasnya.


Sangat penting, kata Hambar menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat sehingga dapat menghindari terjadinya kecelakaan atau penyakit akibat kerja.  Tentunya hal ini bisa berdampak pada demotivasi dalam bekerja ataupun penurunan produktivitas dan kinerja  pekerja yang pada akhirnya akan berdampak performansi perusahaan. Mengingatkan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja yang komprehensif untuk seluruh insan pekerja  pelabuhan.


“Keselamatan tidak terlepas dari kesehatan. Orang yang sehat akan memperhatikan keselamatan dengan lebih baik. Keselamatan di tempat kerja, didukung oleh keselamatan di rumah. Karena itu, sangat penting untuk menjaga keselamatan baik di rumah maupun tempat kerja secara komprehensif. Keseimbangan antara lingkungan bekerja dan lingkungan rumah sangat penting,” ulas Hambar.


Manajemen berharap melalui serangkaian program bulan K3 ini, dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap norma K3, serta penerapan K3 pada bidang pekerjaan masing-masing. Selain itu juga meningkatkan partisipasi keluarga besar anper dilingkungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pontianak dalam mewujudkan pelaksanaan budaya K3 di setiap kegiatan usaha jasa kepelabuhanan.


Secara khusus, manajemen  juga berharap rangkaian kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran terhadap budaya keselamatan kerja yang terdiri dari keselamatan pekerja, instalasi, lingkungan dan umum, serta kita menjadi mampu menerapkan budaya tersebut dalam kehidupan kita, baik sebagai pegawai PT Pelabuhan Indonesia (Persero) maupun sebagai pribadi.


Talk show ini menghadirkan Dr. Andy Gunawan Pasaribu dari kantor Kesehatan Kelas II Pontianak, dan Reyna Anita, SKM, MPH Pengurus Persagi Kalbar.


Manto, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalbar mengatakan pentingnya safety induction yakni sebuah latihan tentang keselamatan dan kesehatan kerja yang diberikan kepada pekerja. Dia juga mengapresiasi Pelindo yang setiap tahunnya menggelar kegiatan bulan K3. Apresiasi juga diberikan atas partisipasi Pelindo dalam mengikuti kompetisi video safety induction dan senam K3.


Pelindo juga menggelar Jalan Sehat bulan K3 pada Minggu 5 Februari 2023 di Taman Alun-Alun Kapuas. Kegiatan berhadian motor listrik, sepeda lipat, handphone dan modem orbit ini gratis dan dimulai pukul 07.00 WIB. 


(Redaksi ISL News/Humas Pelindo Regional 2 Pontianak/email:islnewstv@gmail.com).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • GM PELINDO Pontianak : Utamakan KESELAMATAN atau K 3 dalam Bekerja

Terkini

Topik Populer