Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

PT PELINDO MULTI TERMINAL Dapat Penetapan Sebagai TERMINAL Curah dari KEMENHUB

02/07/22, 08:14 WIB Last Updated 2022-07-02T01:15:50Z

 


MEDAN  (ISL News)
– Pada Jumat kemarin, 01 Juli 2022 PT Pelindo Multi Terminal atau disingkat SPMT, sebagai salah satu Sub-Holding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang bergerak di bidang pelayanan operasional terminal non-petikemas, terus berkomitmen untuk mengimplementasikan standarisasi serta meningkatkan kualitas pelayanan operasional kepada para pengguna jasa.


Hal tersebut ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan tentang Penetapan Terminal Curah Cair dan Terminal Curah Kering di Pelabuhan Belawan pada Jumat, 01 Juli 2022 dari Kepala Otoritas Pelabuhan Belawan, Ir. Andi Fiardi, yang dihadiri oleh Direktur Operasi SPMT Ridwan Sani Siregar, Regional Head 1 Pelindo Aprilla Dwison, dan General Manager Pelindo Cabang Belawan Jonedi Ramli.


Sebelumnya, SPMT bersama Pelindo Regional 1 telah mengajukan permohonan rekomendasi penetapan terminalisasi kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan untuk menetapkan 3 (tiga) lokasi di Pelabuhan Belawan, yaitu Terminal Ujung Baru Kade 105-107 sebagai Terminal Curah Cair (TCC), dan Terminal Ujung Baru Kade 110-111 serta Terminal IKD Dermaga IKD2 dan IKD3 sebagai Terminal Curah Kering (TCK).


Permohonan ini telah mendapat rekomendasi dari Ditjen Perhubungan Laut cq Direktur Kepelabuhanan melalui surat Nomor 120/VI/DP-22 tanggal 27 Juni 2022, yang selanjutnya ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Belawan Nomor SK-OP.BLW 56 Tahun 2022 tanggal 01 Juli 2022.


Penetapan terminalisasi di Pelabuhan Belawan yaitu ditujukan untuk menghadirkan terminal dedicated yang didukung dengan standarisasi alat dan peningkatan produktivitas sehingga dapat meningkatkan efisiensi biaya operasional yang berdampak pada penurunan biaya logistik, yang menjadi benefit baik bagi pihak pengelola terminal dan pihak pengguna jasa. Untuk menjalankan TCC dan TCK di Pelabuhan Belawan, SPMT telah meningkatkan ketersediaan sistem dan prosedur pelayanan, kapasitas SDM, fasilitas tambat permanen, alat bongkar muat serta sistem operasi untuk masing-masing lokasi terminal.

Direktur Operasi SPMT Ridwan Sani Siregar menyampaikan terima kasih kepada pihak Otoritas Pelabuhan Belawan dan harapan atas penetapan terminalisasi TCC dan TCK di Pelabuhan Belawan.


“Penetapan terminalisasi adalah bentuk komitmen SPMT untuk terus meningkatkan produktivitas dan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa, dan momentum ini menjadi langkah inisiasi Terminal SPMT di Pelabuhan lainnya untuk dapat terus meningkatkan level of service sesuai kebutuhan customer.”


Regional Head 1, Aprilla Dwison, turut menyampaikan, “kiranya pelaksanaan operasional TCC dan TCK di Pelabuhan Belawan dapat meningkatkan kualitas pelayanan operasional. Saya mewakili Pelindo mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Kantor Otoritas Pelabuhan Belawan serta koordinasi dan kerjasama dari Subholding SPMT.”


Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Belawan, Andi Fiardi, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan dukungan Pelindo Regional 1, Cabang Belawan, dan SPMT dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa.


“Kami harapkan hal ini menjadi momentum awal bagi pengelola terminal dan pelabuhan bersama Stakeholder untuk terus melakukan upaya penataan dan peningkatan layanan yang berkelanjutan.”


Penetapan terminalisasi TCC dan TCK di Pelabuhan Belawan sebagai wujud komitmen SPMT untuk penataan dan pengembangan operasional yang berkelanjutan di Pelabuhan, termasuk klasterisasi lokasi penyadaran kapal berdasarkan jenis komoditi kargo diharapkan dapat berdampak pada standarisasi pelayanan dan peningkatan produktivitas operasional yang pada akhirnya dapat mempersingkat waktu port stay kapal di Pelabuhan Belawan.


(Redaksi ISL News/Corsec Pelindo Multi Terminal/email:islnewstv@gmail.com).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PT PELINDO MULTI TERMINAL Dapat Penetapan Sebagai TERMINAL Curah dari KEMENHUB

Terkini

Topik Populer