Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Otoritas PELABUHAN Tg. Priok SINERGI dengan WARTAWAN terus Sosialisasi DIGITALISASI PELABUHAN

08/12/21, 16:58 WIB Last Updated 2021-12-08T10:00:49Z



JAKARTA (ISL News TV)
– Bertajuk Media Luncheon,
Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Tanjung Priok melakukan sinergi dan kolaborasi dengan wartawan pelabuhan yang tergabung dalam Forum Wartawan Maritim Indonesia (Forwami), pada Rabu (8/12) di Hotel Swiss Bellin Kemayoran, Jakarta. 


Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Dr Capt Wisnu Handoko, MSc menyampaikan apresiasi dan beberapa hal capaian kinerja Pelabuhan  Tanjung Priok sampai dengan saat ini. Beliau juga menyampaikan sasaran program kerja OP Tanjung Priok pada tahun mendatang.


Kami mengapresiasi diselenggarakannya acara seperti ini dan mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan wartawan yang telah meluangkan waktunya untuk hadir.  Di samping itu, semoga kegiatan ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana berkomunikasi dan silaturahmi antara Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok dengan para rekan-rekan media (Forwami)”, ujar Capt Wisnu.


Sinergi dan kolaborasi antara Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok dan Instansi Pemerintah serta PT Pelindo dalam melakukan inovasi teknologi dalam pelayanan, khususnya pelayanan kepelabuhanan seperti Aplikasi Inaportnet, Sistem Monitoring Tenaga Kerja Bongkar Muat (SIMON TKBM), Single Truck Identification Data (STID), Safety Improvement Task Force (SITAF), dan Manajemen Pengelolaan Limbah. Perkembangan layanan seperti ini yang perlu dipublikasikan atau disebarluaskan agar bisa secepat mungkin diketahui pengguna jasa dan masyarakat.


Di tahun 2022, kami akan melakukan evaluasi dan pengembangan terhadap inovasi yang telah ada. Pelabuhan Tanjung Priok juga terus berupaya untuk mendapatkan predikat Green Port. Kami juga sedang berjuang untuk memperoleh Proper Hijau (Program Penilaian dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) terkait pengelolaan lingkungan)”, papar Ka OP.


“Kami berharap teman media dapat memberikan masukan kepada OP Tanjung Priok selaku regulator. Kami mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan semuanya yang selama ini telah menginformasikan dan mempublikasikan segala sesuatu terkait informasi Pelabuhan Tanjung Priok khususnya informasi layanan kepelabuhanan”, tutur Ka OP.


Narasumber berikutnya adalah Praktisi Digital Tranformation, Nofie Iman PhD, yang menyampaikan materi tentang Tranformasi Digital Sektor Maritim.


Transformasi digital adalah proses pembentukan kembali (perubahan) model bisnis dengan menggunakan teknologi digital. Teknologi digital dapat diterapkan untuk memperlancar arus barang, arus informasi, serta sumber daya keuangan”, papar Nofie Iman.


Sektor maritim masih menjadi tulang punggung bagi rantai pasok (supply chain) global. Sejumlah cara dilakukan untuk meningkatkan konektivitas pelayanan kepelabuhanan, diantaranya pengurangan waktu tunggu, koneksi yang lebih baik, optimalisasi infrastruktur lunak (soft infrastructure)”, tambah Nofie.


Kemudian PT Pelindo (Persero) Regional 2 Cabang Tanjung Priok yang diwakili oleh Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasi, Febriandika Puta Anggia, menyampaikan 2 (dua) digitalisasi sistem pelabuhan pada saat ini, yaitu digitalisasi pelayanan jasa kapal dan digitalisasi pelayanan jasa barang.

Beberapa digitalisasi pada pelayanan jasa kapal yang ada saat ini antara lain Vessel Management System (VMS), Inaportnet, Sistem Informasi Manajemen Operasional (SIMOP) Kapal, Vessel Traffic Service (VTS),  dan Marine Operating System (MOS). Sedangkan digitalisasi pada pelayanan jasa barang yaitu OPUS atau ITOS dan NPKTOS”, papar Febriandika.


OPUS atau ITOS adalah sistem pelayanan petikemas yang terdapat di terminal petikemas. Sistem ini mencakup mulai dari perencanaan sampai dengan bongkar muat barang. Kemudian NPKTOS adalah sistem pelayanan non petikemas yang terdapat di terminal non petikemas, sama halnya dengan sistem OPUS atau ITOS, sistem ini mencakup  mulai dari perencanaan sampai dengan bongkar muat barang non petikemas.


(Redaksi ISL News TV/Humas Kantor OP Tg Priok).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Otoritas PELABUHAN Tg. Priok SINERGI dengan WARTAWAN terus Sosialisasi DIGITALISASI PELABUHAN

Terkini

Topik Populer