Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

PERHUBUNGAN LAUT Gelar RAKORNIS Lalu Lintas Angkutan Laut dan BERI 12 PENGHARGAAN bagi Operator KAPAL

11/12/23, 10:35 WIB Last Updated 2023-12-11T03:37:42Z

 

 



JAKARTA (ISL News) -
Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut menggelar Rapat Koordinasi Teknis Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Rakornis Lala) Tahun 2023 dengan tema "Penguatan Konektivitas, Pelayanan dan Digitalisasi Angkutan Laut yang Berkelanjutan di Tengah Keterbatasan Fiskal". Acara berlangsung pada 6-7 Desember 2023 di Jakarta.



Acara ini dihadiri oleh unit kerja Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, 153 Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, 5 Narasumber, dan 13 Kementerian/Lembaga terkait. Tujuan utama adalah memelihara kesamaan perspektif, menjalin komunikasi efektif, dan menjaga sinergi antara Pemerintah dan stakeholder terkait angkutan laut.


 

"Rakornis ini menjadi langkah strategis dalam menjaga sinergi antara Pemerintah dan stakeholder terkait angkutan laut, memastikan kesamaan perspektif, dan memelihara komunikasi yang efektif. Keberhasilan transportasi laut di wilayah perairan Indonesia menjadi tanggung jawab bersama, dan melibatkan seluruh petugas bidang lalu lintas dan angkutan laut di pelabuhan yang tersebar di seluruh Indonesia," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi dalam sambutannya saat membuka acara.

 


Upaya Kementerian Perhubungan Mendorong Kemajuan Transportasi Laut

 

Capt. Antoni mengungkapkan Kementerian Perhubungan telah melakukan berbagai upaya pembangunan transportasi laut yang didasarkan pada Nawacita, antara lain dengan melakukan pembangunan dan pengembangan pelabuhan serta armada kapal, pengembangan pelabuhan untuk mendukung tol laut, penyelenggaraan pelayaran perintis dan beberapa kebijakan strategis lainnya.

 


Menurutnya, upaya yang dilakukan selama kurang lebih 10 tahun terakhir ini, perlu dievaluasi untuk menyusun rencana ke depan yang lebih baik menuju dunia maritim Indonesia yang semakin maju.

 


"Dengan tema "Penguatan Konektivitas, Pelayanan dan Digitalisasi di Tengah Keterbatasan Fiskal," Rakornis tahun ini menekankan pada Penguatan Konektivitas sebagai kunci peningkatan kemandirian dan daya saing ekonomi wilayah, baik di dalam negeri maupun secara global dan untuk menemukan strategi yang tepat untuk tetap mencapai target-target yang telah ditetapkan," ungkapnya.

 


Digitalisasi Pelabuhan

Capt. Antoni menjelaskan penguatan konektivitas perlu didukung dengan optimalisasi angkutan laut melalui integrasi sistem dalam era digitalisasi. Digitalisasi ini adalah perubahan positif yang mutlak diperlukan dan harus dikuasai agar kualitas rantai logistik Indonesia semakin berdaya saing di kancah internasional.

"Secara umum, sejumlah negara asing telah mengakui bahwa Maritime Single Window yang diterapkan di Indonesia melalui Inaportnet telah berhasil meningkatkan efektifitas dan efisiensi kegiatan kepelabuhanan, sehingga hal ini menjadi nilai jual dalam perdagangan internasional Indonesia dengan negara lainnya," ungkapnya.

Digitalisasi dalam kegiatan lalu lintas dan angkutan laut dapat memberikan kemudahan bagi para pemangku kepentingan untuk menjalankan kegiatan usahanya dan memberikan keamanan data transaksi serta mempersingkat waktu yang dibutuhkan dalam menjalankan proses kegiatan di Pelabuhan.

Capt. Antoni berharap agar semua hasil pembahasan dalam Rakornis dapat diimplementasikan dengan baik, mengajak pihak terkait di tingkat pusat dan daerah untuk berkolaborasi dalam mendapatkan solusi atas berbagai permasalahan yang muncul di wilayah masing-masing.

 

Ditlala Award

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Hendri Ginting mengajak seluruh stakeholder untuk semakin meningkatkan kolaborasi dan sinergi yang baik. Melalui Rakornis ini dapat menciptakan keterbukaan terhadap pandangan, saran, masukan, dan kritik demi mewujudkan cita-cita bersama untuk menjadikan transportasi laut Indonesia yang berjaya di negeri sendiri dan diakui kehebatannya oleh dunia maritim global.

"Kepada para stakeholder, sinergi yang baik dan kontribusi pandangan, saran, serta masukan sangat diharapkan demi mewujudkan cita-cita transportasi laut Indonesia yang berjaya di negeri sendiri dan diakui dunia maritim global," ujarnya.

Sebagai informasi, Rakornis ini menghadirkan 5 narasumber diantaranya Amnu Fuady dari Direktorat Anggaran Bidang Perekonomian dan Kemaritiman - Direktorat Jenderal Anggaran Kemenkeu membawakan materi Penganggaran Penyelenggaraan Angkutan Laut Perintis, Carmelita Hartoto Ketua Umum DPP INSA membawakan materi Penguatan Konektivitas Di Tengah Keterbatasan Fiskal, Adi Perdana dari Direktorat Transportasi Bappenas membawakan materi Langkah Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas Tol Laut, Irma Syarifah dari Ombudsman RI membawakan materi Peran Ombudsman Dalam Pengawasan Pelayanan Publik Sektor Angkutan Laut, dan Chairul Anwar selaku Project Officer National Logistic Ecosystem (NLE) membawakan materi Peran Layanan NLE pada Alur Logistik Pelabuhan dan Kolaborasi NLE - Hubla.

Dalam kesempatan ini, diberikan award atau penghargaan kepada stakeholder dengan 12 kategori.

 

Berikut daftar para pemenang LALA AWARDS 2023:

- Kategori 1 : OPERATOR KAPAL PERINTIS TERBAIK 2023.   Pemenangnya : PT PELAYARAN MANDALA SEJAHTERA ABADI

- Kategori 2 : OPERATOR KAPAL TERNAK TERBAIK 2023  Pemenangnya : PT. PELAYARAN NASIONAL INDONESIA (PERSERO)

- Kategori 3 : KSOP DENGAN DUKUNGAN PELAKSANAAN PROGRAM KAPAL PERINTIS  TERBAIK 2023  Pemenangnya : KSOP KELAS III GORONTALO

- Kategori 4 : PERUSAHAAN KEAGENAN KAPAL ASING TERBAIK 2023  Pemenangnya : PT INTERNASIONAL TOTAL SERVICE & LOGISTICS

- Kategori 5 : OPERATOR KAPAL BENDERA INDONESIA KELUAR NEGERI TERBAIK 2023  Pemenangnya : PT PELAYANAN PADIMAS GLOBAL

- Kategori 6: KSOP DENGAN DUKUNGAN PELAKSANAAN PROGRAM TOL LAUT TERBAIK  2023  Pemenangnya : PELABUHAN WEDA

- Kategori 7: OPERATOR DENGAN PERAWATAN KAPAL TERBAIK DENGAN UMUR KAPAL 05 TAHUN  Pemenangnya : PT PELNI

- Kategori 8: OPERATOR DENGAN PERAWATAN KAPAL TERBAIK DENGAN UMUR KAPAL 610 TAHUN  Pemenangnya : PT KARYA BERKAT MAKMUR

- Kategori 9: OPERATOR DENGAN PERAWATAN KAPAL TERBAIK DENGAN UMUR KAPAL  DIATAS 11 TAHUN  Pemenangnya :PT KARYA BERKAT MAKMUR

- Kategori 10: PELAYANAN PRIMA BERDASARKAN EFEKTIFITAS PELABUHAN DENGAN  CALL KAPAL DIBAWAH 50 PER BULAN  Pemenangnya : MALAHAYATI

- Kategori 11: PELAYANAN PRIMA BERDASARKAN EFEKTIFITAS PELABUHAN DENGAN  CALL KAPAL ANTARA 51-200 PER BULAN  Pemenangnya : MANGGAR

- Kategori 12: PELAYANAN PRIMA BERDASARKAN EFEKTIFITAS PELABUHAN DENGAN  CALL KAPAL DIATAS 201 PER BULAN  Pemenangnya : PEKANBARU.


(Redaksi ISL News/email:islnewstv@gmail.com).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PERHUBUNGAN LAUT Gelar RAKORNIS Lalu Lintas Angkutan Laut dan BERI 12 PENGHARGAAN bagi Operator KAPAL

Terkini

Topik Populer