Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Tingkatkan Komitmen Tata Kelola Perusahaan yang Baik, Tim UPG dan WBS PT PMLI Selenggarakan Sosialisasi Anti Gratifikasi dan Praktik GCG

06/09/23, 15:32 WIB Last Updated 2023-09-06T08:36:37Z



BOGOR (ISL News)
– Pada Selasa kemarin, (05/09/2023) sejalan dengan komitmen PT Pelabuhan Indonesia (Persero)/Pelindo untuk melaksanakan praktik bisnis perusahaan sesuai dengan pedoman dan perundang-undangan yang berlaku, Tim Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) dan Whistle Blowing System (WBS) PT PMLI menyelenggarakan sosialisasi anti gratifikasi, WBS, dan Tata Kelola Perusahaan (GCG).


Tidak hanya melibatkan seluruh unit kerja, sosialisasi yang dilaksanakan secara hybrid dari Gedung Learning & Innovation Center PT PMLI ini juga melibatkan keikutsertaan para mitra kerja PT PMLI. Sosialisasi ini diikuti secara langsung oleh para pimpinan struktural setingkat Deputi Vice President (DVP), para Vice President (VP) dan General Manager (GM) serta Ketua Tim UPG M. Hasan dan Ketua Tim WBS J.B. Sindhu Wasita.


Dengan menghadirkan narasumber utama yaitu Departemen Head Tata Kelola dan Kepatuhan Pelindo Yusuf Ferdian Umar, sosialisasi dibuka oleh Ketua Tim WBS PT PMLI  J.B. Sindhu Wasita yang mewakili Direktur Utama PT PMLI.


Dalam sambutannya beliau menyampaikan akan pentingnya aspek tata kelola perusahaan yang baik demi mendukung kinerja operasional dan kinerja keuangan perusahaan “Saya berharap sosialisasi ini tidak hanya dijadikan sebagai momen sesaat, namun juga komitmen untuk pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik sebagaimana pedoman yang sudah diputuskan dapat dijadikan sebagai budaya sekaligus diletakkan dalam alam bawah sadar kita semua. Tujuannya agar apa yang menjadi target dapat tercapai dengan baik tanpa adanya hambatan akibat praktik-praktik yang tidak sesuai dengan etika dan perundang-undangan,” ucap Yusuf Ferdian.


Perlu diketahui bahwa sejak bulan April 2021 PT PMLI telah memperoleh sertifikasi ISO:37001 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan sebagai bagian dari komitmen manajemen perusahaan untuk mendukung upaya pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik. Selain itu, upaya ini juga didukung dengan diterbitkannya 5 (lima) pedoman sebagai acuan dalam aktivitas bisnis mulai dari level Dewan Komisaris, Dewan Direksi dan seluruh unit kerja PT PMLI yang merupakan turunan dari pedoman yang diberlakukan oleh Pelindo.


Sementara itu, dalam sesi pemaparan materi Yusuf Ferdian Umar menyampaikan terkait pentingnya upaya preventif dalam mencegah terjadinya praktik gratifikasi, tata cara pelaporan indikasi kecurangan, dan tata kelola perusahaan yang baik sebagaimana yang sudah dijalankan oleh Pelindo sebagai Induk Perusahaan.


Selain itu, beliau juga memberikan apresiasi atas upaya PT PMLI yang telah secara berkesinambungan melaksanakan praktik tata kelola perusahaan yang baik “Kami sangat mengapresiasi atas upaya yang sudah dilakukan oleh teman-teman PT PMLI mulai dari penerbitan 5 pedoman, sertifikasi ISO:37001 sampai dengan pelaporan terkait adanya pemberian dari mitra kerja yang kemudian dilaporkan secara detail dan sistematis”. Pungkas Yusuf Ferdian.


Ketua Tim UPG M. Hasan menutup kegiatan sosialisasi dengan menyampaikan harapannya terutama kepada seluruh mitra kerja PT PMLI untuk dapat turut serta mendukung upaya yang sudah dilakukan oleh PT PMLI dalam pengelolaan perusahaan secara baik “Kami tentunya mohon kerja sama dari seluruh unit kerja yang hadir dan menerima sosialisasi hari ini untuk turut serta mendukung upaya kami dengan pelaksanaan kerja sama yang bersih, tanpa kecurangan dan sesuai dengan etika bisnis yang sudah kita sepakati bersama” tutup M. Hasan.


(Redaksi ISL News/Humas PMLI/email:islnewstv@gmail.com).




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tingkatkan Komitmen Tata Kelola Perusahaan yang Baik, Tim UPG dan WBS PT PMLI Selenggarakan Sosialisasi Anti Gratifikasi dan Praktik GCG

Terkini

Topik Populer