Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Herwanto, Kepala KSOP Kelas I Tanjung Emas Prediksi kenaikan penumpang di Pelabuhan Tanjung Emas masa lebaran 1444 H/ 2023 mencapai 30 persen

05/04/23, 10:03 WIB Last Updated 2023-04-05T03:04:04Z



SEMARANG TANJUNG EMAS (ISL News) -
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, melalui Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas, memprediksi kenaikan penumpang di pelabuhan Tanjung Emas masa lebaran 2023 mencapai 30 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Hal ini diungkapkan Kepala Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Drs. Herwanto, dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran 2023, Jum'at pecan kemarin (31/3/2023).


Lebih lanjut, Drs. Herwanto memaparkan, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang telah disiapkan 9 kapal penumpang dari keagenan PT Pelni dan PT Dharma Lautan Utama dengan total kapasitas penumpang mencapai 9.881 orang. “Kenaikan jumlah penumpang masa mudik kali ini kami perkirakan sebesar 30%. Adapun faktor penunjangnya adalah masa libur sekolah dan pelonggaran pemberlakuan PPKM.” Ungkap Herwanto.


Sebelumnya langkah antisipatif telah dilaksanakan KSOP Tanjung Emas yaitu dengan mengadakan inspeksi keselamatan (uji petik) terhadap kapal-kapal penumpang. Sementara itu untuk pengamanan alur masuk dan keluar pelabuhan Tanjung Emas, KSOP Tanjung Emas rutin mengadakan patroli bersama dengan unsur terkait yaitu TNI AL, Ditpolair Polda Jateng dan Distrik Navigasi Tanjung Emas.


Koordinasi yang sama juga dilakukan dengan PT Pelindo sebagai operator untuk mempersiapkan pelayanan dermaga dan terminal penumpang.


"Untuk terminal penumpang dengan kapasitas 1.840 orang, lengkap dengan sarana dan prasana. Lahan parkir seluas 7.300 meter persegi. Sedangkan dermaga nusantara sepanjang 200 meter." Ungkap Hardianto, GM PT Pelindo Terminal Tanjung Emas.


Rapat Koordinasi yang diikuti oleh instansi terkait Pelabuhan Tanjung Emas, Jum'at (31/3) ini juga memaparkan rencana kegiatan masing-masing instansi sesuai dengan tupoksinya untuk mendukung kelancaran, ketertiban dan keamanan Angkutan Laut Lebaran kali ini.


Di Rapat ini juga diungkapkan akan diadakan Posko Angkutan Laut Mudik Lebaran 2023 sesuai Instruksi Dirjen Hubla IR-DJPL 2 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2023 (1444H). Posko ini akan berlangsung sejak tanggal 7 April 2023 sampai dengan 8 Mei 2023.


Sebagai tambahan informasi. Kementerian Perhubungan mengadakan mudik gratis via kapal laut dengan Pelabuhan Tanjung Emas sebagai pelabuhan tujuan. Mudik gratis ini menggunakan KM Dobonsolo yang direncanakan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok pada tanggal 15 dan 17 April 2023. Untuk program balik gratis dengan kapal yang sama akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas pada tanggal 25 dan 28 April 2023.


Masyarakat yang berminat mengikuti mudik maupun balik gratis ini silahkan mendaftar pada tautan mudikgratis.dephub.go.id


(Redaksi ISL News/Humas KSOPTg. Emas /email:islnewstv@gmail.com).  


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Herwanto, Kepala KSOP Kelas I Tanjung Emas Prediksi kenaikan penumpang di Pelabuhan Tanjung Emas masa lebaran 1444 H/ 2023 mencapai 30 persen

Terkini

Topik Populer