Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

ASDP Bakauheni Siapkan 70 Kapal Reguler dan 6 Kapal Ekspres Untuk Layani Pemudik dari Jawa ke Sumatera

14/04/22, 09:57 WIB Last Updated 2022-04-14T02:59:32Z



BAKAUHENI –
Manajemen PT ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauhni kepada Pers mengatakan bahwa perusahaannya tengah menyiapkan sebanyak 32 kapal yang siap beroperasi menjelang mudik Lebaran 2022.


"Untuk kesiapan armada pada periode angkutan Lebaran 2022 telah disiapkan 32 unit kapal yang siap beroperasi,” kata Suharto, selaku General Manager (GM) PT ASDP Cabang Bakauheni, di Lampung Selatan, Rabu kemarin (13/4).


Ke-32 kapal yang siap beroperasi selama periode mudik Lebaran 2022 itu terdiri atas 4 unit kapal pelayaran ekspres dan 28 unit kapal pelayaran regular.


“Secara keseluruhan kapal regular ada 70 unit, sedangkan kapal ekspres ada 6 unit. Namun memang untuk ekspres yang dioperasikan per hari hanya 4 unit untuk menjaga stabilitas operasional,” katanya, dikutip dari Antara.


Menurut Suharto, untuk mengantisipasi adanya peningkatan permintaan akan penyeberangan melalui kapal laut pada arus mudik, maka pihaknya akan siap menambah armada kapal.


“Kita lihat dahulu jumlah permintaan akan kapal, kalau tinggi akan ditambah ini dilakukan untuk mengurangi lonjakan penumpang di pelabuhan,” ucapnya.


Dia melanjutkan, untuk saat ini jumlah keberangkatan ataupun kepulangan penumpang di pelabuhan belum cukup tinggi, dimana dalam sehari ada 1.000 sampai 1.500 penumpang.


“Belum ada kenaikan signifikan, untuk penumpang sekitar 1.000 sampai 1.500 orang, untuk logistik sekitar 5.000 sampai 6.000 kendaraan. Untuk prediksi memang belum terlihat tapi diperkirakan naik 5-10 persen dari jumlah penumpang di hari biasa,” katanya pula.


Suharto mengharapkan di tengah penurunan kasus COVID-19 aktivitas penyeberangan kapal laut dapat kembali pulih, namun dengan tetap berhati-hati antara lain dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.


(Redaksi ISL News/email:islnewstv@gmail.com).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • ASDP Bakauheni Siapkan 70 Kapal Reguler dan 6 Kapal Ekspres Untuk Layani Pemudik dari Jawa ke Sumatera

Terkini

Topik Populer