Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

PELINDO Regional 3 OPTIMALKAN FASILITAS Lakukan PENGERUKAN Pelabuhan GRESIK

17/03/22, 16:38 WIB Last Updated 2022-03-17T09:39:38Z

 


GRESIK (ISL News) –
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 terus berupaya melakukan peningkatan pelayanan operasional di antaranya melalui optimalisasi fasilitas Pelabuhan guna menunjang produktivitas bongkar muat. Salah satunya melalui pengerukan alur dan kolam serta penambahan panjang dermaga di area Pelabuhan Gresik.

 

Saat ini Pelindo Regional 3 telah melakukan proses pengerukan di area dermaga V Pelabuhan Gresik dengan menunjuk PT Alur Pelayaran Barat Surabaya atau PT APBS sebagai operator pengerukan. Dengan menggunakan 1 unit Grab Dagger dan 3 Unit Self – Propelled, Pelindo Regional 3 menargetkan proses pengerukan hingga -6 meter LWS bisa segera terselesaikan tepat waktu sehingga proses operasional di Pelabuhan Gresik bisa lebih optimal lagi.

 

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki mengatakan pembangunan fasilitas di Pelabuhan Gresik dinilai cukup penting, hal tersebut mengacu pada peran Pelabuhan Gresik sebagai salah satu penopang aktivitas logistik di area Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

 

“Pelabuhan Gresik merupakan salah satu Pelabuhan penting milik kami, lokasinya yang cukup strategis membuat Pelabuhan ini sebagai penopang sekaligus alternatif pengguna jasa kami tak hanya domestik namun juga Internasional untuk melakukan bongkar muat selain di Tanjung Perak, sehingga pembangunan infrastruktur di Pelabuhan Gresik merupakan kebutuhan penting,” ujar Ardhy.

 

Sementara itu Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Kelas II Gresik Suncoko mengatakan, pengerukan alur dan kolam di Pelabuhan Gresik akan berdampak pada kecepatan operasional pelabuhan sehingga mempercepat antrian kapal yang akan sandar di Pelabuhan Gresik. Harapannya ini bisa berpengaruh pada peningkatan perekonomian Jawa Timur terlebih saat ini banyak industri yang melakukan pengiriman logistik mereka dari Pelabuhan Gresik.

 

“Kami mengapresiasi langkah Pelindo yang melakukan penambahan dan perbaikan infrastruktur di Pelabuhan Gresik, tentunya ini akan memberikan manfaat nyata pada pelayanan logistik di Jawa Timur khususnya,” ujar Pungkas Suncoko.

 

Sebelumnya, selain melakukan pengerukan alur dan kolam di Pelabuhan Gresik, Pelindo Regional 3 juga telah mempercepat pembangunan Dermaga 180 Multipurpose II. Hal ini bertujuan agar menunjang kegiatan sandar atau tambat kapal dan tongkang dengan kapasitas ukuran maksimum 3000 DWT ( Deadweight Tonnage).

(Redaksi ISL News/Humas Pelindo Regional 3 Surabaya/email:islnewstv@gmail.com).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PELINDO Regional 3 OPTIMALKAN FASILITAS Lakukan PENGERUKAN Pelabuhan GRESIK

Terkini

Topik Populer