Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

KASAL Terima Gelar Adat Minangkabau

09/03/17, 10:43 WIB Last Updated 2019-09-18T13:45:48Z
KASAL Laksamana TNI Ade Supandi menerima gelar ada Masyarakat Sumatera Barat Panglimo Panguasa Lauik Nan Sati. (Foto : Dok Dispenal)
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., mendapatkan gelar adat masuarakat Sumatera Barat Sutan Panglimo Panguasa Lauik Nan Sati dari Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) kota Pariaman. 
 
Gelar tersebut bermakna Panglima penguasa lautan yang mempunyai kesaktian atau kedigdayaan. Upacara adat penganugerahan gelar dilaksanakan secara tradisi adat Sumatera Barat, di Pendopo Kota Pariaman, Sumatera Barat, Rabu (08/03).

KASAL dalam sambutannya pada acara tersebut mengatakan, bahwa gelar ini merupakan sebuah amanah sekaligus tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. 
 
“Penganugerahan ini memberikan konsekuensi untuk dapat mencurahkan perhatian bersama pemerintah daerah dan  masyarakat untuk meningkatkan kemanan wilayah perairan serta kesejahteraan masyarakat Sumatera Barat melalui pembangunan di sektor maritim," kata Ade.

Pemberian gelar kepada KASAL ini berdasarkan Surat Keputusan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Pariaman SK/06/LK-PARIAMAN/III/2017. 
 
Selain Kasal yang mendapatkan gelar  Sutan Panglimo Panguasa Lauik Nan Sati,  pada kesempatan tersebut, Ketua Umum Jalasenastri  Ny. Endah  Ade Supandi juga mendapatkan gelar kehormatan  Bundo Nan Elok yang bermakna perwujudan sosok Ibu yang sangat baik, yang telah tulus dan ikhlas mendampingi suami.

Acara adat tersebut di buka dengan pembacaan ayat suci Al quran, dilanjutkan pembacaan surat keputusan serta pemasangan Saluak kepada Kasal oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. H. Nasrul Abit, dan dilanjutkan dengan Pemasangan Keris serta penyerahan Piagam Gala Sang Sako oleh ketua LKAAM Drs. H. Mukhlis Rahman, M.M., yang juga merupakan Wali Kota Pariaman.

Pada hari yang sama sebelum menerima penganugerahan gelar kehormatan, Kasal dalam lawatanya ke tanah minang  kali ini, telah meresmikan Monumen Perjuangan TNI AL yang dibangun di Ujung Muaro Pantai Gandoriah, dengan dihadiri ribuan pemuda pelajar seluruh kota Pariaman serta tokoh masyarakat dan Pemerintah Daerah.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KASAL Terima Gelar Adat Minangkabau

Terkini

Topik Populer