Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Indonesia Sea & Coast Guard - KPLP – PLP Kelas I Tg. Priok dengan KN. Jembio - P.215 responsive insiden perompakan di Kapal TB. Royal 27 di Perairan Kalimantan Selatan

05/02/24, 18:15 WIB Last Updated 2024-02-05T11:16:05Z

 


JAKARTA (ISL News)
– Hari Minggu kemarin (4/02/2024) Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Kelas I Tanjung Priok dengan sigap menanggapi insiden perompakan yang melibatkan kapal TB. Royal 27 / TK Royal 27 di perairan Kalimantan Selatan.


Kejadian ini terjadi di Tengah laut setelah kapal berlayar dari Muara Sampit ke Manggis, Kalimantan Selatan. Mengalami penyekapan Nahkoda dan awak kapal selama kurang lebih 27 jam.


Informasi yang di dapat dari Nahkoda TB. Royal 27 indikasi bahwa perompak menggunakan sarana kapal SPOB Bagas Danar Jaya 01 serta membawa Senjata Api dan Senjata Tajam. Dilaporkan kerugian akibat insiden ini meliputi muatan minyak Fame (Fatty Acid Methyl Ester)  uang & barang pribadi kru, barang kapal serta alat navigasi yang di rusak.


Insiden perompakan tersebut dilaporkan oleh Company Security Officer (CSO) PT. Pancaran Maritim Transportindo Capt. Dwi Hardiyanto.  Setelah menerima laporan Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai kelas I Tanjung Priok, Dr. Triono, S.Pel. M.M, segera memerintahkan kapal Negara  Patroli KN. Jembio-P. 215 untuk melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap pelaku perompakan tersebut dengan melakukan penanganan aksi perompakan sesuai dengan prosedur Sistem Keamanan Maritim. 

 

Dr. Triono menyampaikan bahwa pihaknya telah melaksanakan operasi tersebut dengan :

1.         Persiapan personal

2.         Sarana Prasarana Patroli

3.         Persenjataan Api dan Amunisi

4.         Kapal Patroli dan RIB

5.         Penyidik Pegawai Negeri Sipil

6.         Intelijen


Kepala Pangkalan Dr. Triono, S.Pel. M.M  mengimbau semua pihak untuk tetap waspada dan bekerjasama dalam menjaga keamanan di laut dan Pantai serta berkoordinasi dengan TNI , POLRI di lapangan, dengan segera menginformasikan setiap kejadian dengan Security Alarm System ke stasiun radio Pantai terdekat atau sarana lainnya. Informasi lebih lanjut akan disampaikan seiring berjalannya proses penanganan dan investigasi lebih lanjut terhadap insiden ini.


(Redaksi ISL News/Humas PLP Kelas 1 Tg. Priok/email:islnewstv@gmail.com).

 

 

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Indonesia Sea & Coast Guard - KPLP – PLP Kelas I Tg. Priok dengan KN. Jembio - P.215 responsive insiden perompakan di Kapal TB. Royal 27 di Perairan Kalimantan Selatan

Terkini

Topik Populer