Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Pelindo Regional 2 Panjang dan Pangkalbalam dapat Penghargaan Green and Smart Port dari Kemenkomarves

14/12/23, 12:34 WIB Last Updated 2023-12-14T05:42:37Z

 



JAKARTA (ISL News) -
Dua dari Dua Belas Pelabuhan kelolaan Pelindo Regional 2 mendapatkan penghargaan Green Port dan Smart Port dari Kemenkomarves yang diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Rabu kemarin, 13 Desember 2023 bertempat di Pantai Tugulafa, Kepulauan Tidore, Maluku Utara.


Penghargaan tersebut diberikan  karena 2 Pelabuhan tersebut dinilai telah memenuhi kriteria Green dan Smart Port terhadap aspek manajemen, aspek teknis (kepelabuhanan, K3, lingkungan dan energy) dan aspek digital.


Turut hadir pada penyerahan penghargaan Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenkomarves, Firman Hidayat dan Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenkomarves, Dirhansyah Conbul, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., C.S.F.A. Pj Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, Lc didampingi Forkopimda Maluku Utara.


Green Port atau Pelabuhan Hijau merupakan komitmen bertaraf internasional untuk bersama-sama menjaga keberlangsungan lingkungan. Green port bisa diartikan sebagai pelabuhan ramah lingkungan. Pelabuhan yang telah memenuhi komitmen pengelolaan lingkungan dan tanggung jawab sosial dalam mendukung sustainability business merupakan syarat untuk menjadi pelabuhan berkelas dunia.


Pelabuhan cerdas (smart port) dapat didefinisikan sebagai pelabuhan yang menerapkan teknologi informasi dan digitalisasi dalam aspek-aspek penting pelabuhan sehingga dapat mencegah tindak korupsi di Pelabuhan.


Dalam sambutan yang disampaikan oleh Menhub mengatakan, bahwa Green and Smart Port bukan hanya menjadi konsep, tetapi menjadi suatu keharusan yang harus dibangun secara konsisten. Pelabuhan tidak hanya memiliki kepentingan ekonomi saja, tapi juga memperhatikan lingkungan dan juga inklusif atau punya kepedulian sosial di kawasan sekitarnya.


Drajat Sulistyo selaku Regional Head 2 PT Pelindo (Persero) mengucapkan selamat kepada Cabang Pelabuhan Panjang dan Pangkal Balam yang telah berhasil mendapatkan penghargaan bintang 3 untuk katagori Green and Smart Port serta terima kasih kepada Pemerintah Republik Indonesia melalui Kemenkomarves karena telah memparcayakan dua pelabuhan Regional 2 untuk mewakili Pelindo menerima penghargaan ini, tentunya ini menjadi stimulus bagi kami sebagai pengelola pelabuhan dan stakeholder terkait lainnya di sektor pelayaran untuk melakukan upaya secara sistematis dan berkomitmen menjaga lingkungan.


Lebih lanjut, Drajat menyampaikan komitmen untuk terus melakukan digitalisasi dan terus menyempurnakan pelayanan untuk mengoptimalkan operasional pelabuhan hingga terwujud kinerja positif (port stay dan cargo stay) yang akan berdampak pada penurunan biaya logistic di Pelabuhan Indonesia.


(Redaksi ISL News/Humas Regional Head 2 /email:islnewstv@gmail.com).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pelindo Regional 2 Panjang dan Pangkalbalam dapat Penghargaan Green and Smart Port dari Kemenkomarves

Terkini

Topik Populer