Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Dewan Pengurus Pusat ASDEKI Lantik Kepengurusan DPW ASDEKI Wilayah Kalimantan Timur masa bakti 2023 -2028

28/10/23, 11:06 WIB Last Updated 2023-10-28T04:20:35Z

 


SAMARINDA (ISL News)
– Hari ini Sabtu 28 Oktober 2023, sejalan dengan Hari Sumpah Pemuda, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Depo Kontener Indonesia (ASDEKI) melantik Kepengurusan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (ASDEKI) Kalimantan Timur Masa Bakti Tahun 2023 -2028


Pelantikan tersebut didasarkan pada SURAT KEPUTUSAN NOMOR : 060 / KPTS/ DPP-ASDEKI/ X-2023  yang ditanda tangani Ari Karistianto dan Khairul Mahalli selaku Ketua Umum dan Sekertaris Jenderal  DPP ASDEKI. (Daftar Lantik Terlampir).


Sekretaris Jenderal ASDEKI, Khairul Mahalli, kepada Redaksi ISL News mengatakan dengan mengucap puji syurkur kepada Tuhan yang Maha Esa, hari ini, Sabtu 28 Oktober 2023, telah dilaksanakan Pelantikan Kepengurusan DPW ASDEKI Kalimantan Timur. “Kita harapkan dengan pelantikan pengurus DPW Kalimantan Timur ini, dibawah Nakhoda Sdr.Nuhgrahi Mawan, selaku Ketua, maka ASDEKI akan lebih memberikan kontribusi bagi Bang dan Negara, khususnya melalui usaha depo kontener, sebagai usaha penunjang kegiatan logistik nasional,” ujar Khairul Mahalli.


Diharapkan, para pengurus DPW ASDEKI Kalimantan Timur, akan dapat menjalankan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) organisasi ASDEKI dengan sebaik-baiknya. “Demikian juga diharapkan Pengurus ASDEKI DPW Kalimantan Timur menjalankan berbagai Program yang merupakan amanag dari segenap anggota ASDEKI wilayah Kalimantan Timur,” Ujarnya.


Dikatakan, dengan dikukuhkannya DPW ASDEKI Kalimantan Timur, maka untuk Wilayah ASDEKI sekarang berada di 9 wilayah di seluruh Indonesia yang meliputi DPW Sumatera Utara, DPW Sumatera Selatan, DPW Lampung, DPW DKI Jakarta, DPW Jawa Tengah, DPW Jawa Timur, DPW Sulawesi Selatan dan DPW Kepulauan Riau.


“Dengan jumlah 9 DPW tersebut, maka ASDEKI sudah menguasai lebih dari 75% pergerakan kontainer di Indonesia terutama di pelabuhan – pelabuhan besar atau pelabuhan komersil,” jelas Khairul Mahalli.

 

PERAN dan Program ASDEKI

Pada kesempatan acara pelantikan DPW ASDEKI Wilayah Kalimantan Timur tersebut, Sekjen Khairul Mahalli, juga memberikan pencerahan berkenaan dengan organisasi ASDEKI.


“Sebagaimana disebutkan dalam AD/ART kita, bahwa ASDEKI adalah Asosiasi dibawah binaan Kementerian Perhubungan RI yang secara Legalitas Pendiriannya telah diakui dalam Permenhub No. KP. 705 Tahun 2014 tentang ASDEKI. Kemudian, Eksistensi ASDEKI sebagai mitra Pemerintah berperan aktif dalam menyusun beberapa Peraturan sehingga tercipta suasana iklim usaha yang kondusif dalam melaksanakan kelancaran arus barang (kontainer). Kehadiran ASDEKI guna menjembatani kepentingan antara pemerintah dengan perusahaan depo kontainer. Selain itu juga meningkatkan kinerja dan profesionalisme depo peti kemas yang merupakan fungsi utama ASDEKI,” jelas Khairul Mahalli.


Adapun  Dasar Hukum Penyelenggaraan Usaha Depo Peti Kemas : antara lain, • KM 47 Tahun 2008, Tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Depo Peti Kemas • PM 83 Tahun 2016, Tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Depo Peti Kemas • PM 59 Tahun 2021, Tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Terkait Dengan Angkutan di Perairan. 2021 Tentang Perizinan Berusaha Berbasis Resiko.


Dikatakan, bahwa eksistensi ASDEKI sebagai mitra Pemerintah (KP 705 tahun 2014) berperan aktif dalam menyusun beberapa Peraturan sehingga tercipta suasana iklim usaha yang kondusif dalam melaksanakan kelancaran arus barang (kontainer).


“Hal itu mengacu pada ketentuan Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 5, Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional (National Logistic Ecosystem/NLE). Dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 5 Tahun 2021 Tentang Perizinan Berusaha Berbasis Resiko. Serta Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 59 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Usaha,” jelas Khairul Mahalli.


Eksistensi ASDEKI juga merupakan usaha Jasa terkait dengan Angkutan di Perairan. “Sehubungan hal ntersebut, maka pertama, perlu pengaturan secara tegas terhadap penyelenggara depo peti kemas yang tidak memiliki izin usaha depo (SIUDPK/OSS) agar lebih tercipta system usaha yang lebih kompetitif dan sehat. Kedua, kegiatan Usaha Depo Petikemas sesuai PM 59 Thn 2021 - Penyimpanan dan/ atau penumpukan petikemas - Pembersihan atau pencucian, perawatan dan perbaikan petikemas - Pemuatan dan pembongkaran barang dalam kontainer yang dimiliki oleh lebih dari 1 (satu) pemilik barang (less than container load cargo),” Jelas Khairul Mahalli.


Kegiatan ASDEKi lainnya antara lain : 1. pemindahan; 2. pengaturan atau angsur; 3. penataan; 4. lift on lift off; 5. pelaksanaan survei; 6. pengemasan; 7. pelabelan; 8. pengkatan/pelepasan; 9. pemeriksaan fisik barang; 10.penerimaan; 11.penyampaian dan 12.tempat penimbunan untuk depo petikemas dalam pengawasan kepabeanan


Kemudian dalam eksistensinya ASDEKI juga memperhatikan ketentuan PM 25 Tahun 2022 Tentang Kelaikan Petikemas dan Berat Kotor Peti Kemas Terverifikasi. “Juga dalam hal pengembangan platform sistem depo kontainer yang tepat, dengan melibatkan semua anggota. yang akan bermuara kepada keseragaman prosedur dan kualitas, baik dalam hal SDM, maupun dalam standar pelayanan depo container,” Ungkap Khairul Mahalli.


Ditambahkan, peluang dan tantangan Bisnis Logistik Tahun 2023 dan Kesiapan ASDEKI dalam menghadapi tantangan serta meraih peluang tersebut. “Untuk itu perlu sinergisitas sesama pengusaha depo kontainer guna menghadapi tantangan terutama persaingan global,” Pungkasnya.


(Redaksi ISL News/Humas ASDEKI/email:islnewstv@gmail.com).  


Dewan Pengurus Wilayah ( DPW ) Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (ASDEKI) Kalimantan Timur

Masa Bakti Tahun 2023 -2028

Dewan Penasehat

1. Kepala Kantor Dinas Provinsi Kalimantan Timur

2. Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas-I Samarinda

3. Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas-I Balikpapan

 

Dewan Penasehat :

1. Abdurrahman

2. Mohamad Gobel, SH, CPFF

3. Hartopo Sulistio

 

Ketua : Nuhgrahi Mawan

Sekretaris : Arief Hidayat

Bendahara : Fery Hayadi


Bidang-Bidang :

1.      Bidang Organisasi dan Keanggotaan

Ketua : Hartono Laij

Anggota :

1. Donni Kurniawan

2. Alfadilla


2. Bidang Multimoda

Ketua : Agus Wiyanto

Anggota :

1. Imam Fauzi

2. Ariffudin

3

       Bidang Kepelabuhanan dan Tarif

Ketua : Soni Andriyanur

Anggota :

1. Sulaiman

2. Awalin Insani Tayib

4.      Bidang Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Diklat

Ketua : Welly Wiyono

Anggota :

1. Dedy Irawan

2. Pratiwi


Ditetapkan di : Jakarta Pada tanggal : 28 Oktober 2023


Ari Karistianto (Ketua Umum ASDEKI)

Khairul Mahall (Sekertaris Jenderal)

 

Tembusan :

1. Gubernur Provinsi Kalimantan Timur;

 2. KSOP Samarinda;

3. KSOP Balikpapan;

4. Kanwil Bea dan Cukai Samarinda;

 5.. Dewan Pembina DPP ASDEKI;

6. DPW ASDEKI Seluruh Indonesia

7. Arsip.

 

 

 


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dewan Pengurus Pusat ASDEKI Lantik Kepengurusan DPW ASDEKI Wilayah Kalimantan Timur masa bakti 2023 -2028

Terkini

Topik Populer