Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Pelayaran Nasional Samudera Indonesia Bagikan dividen Rp 655 miliar

30/06/23, 19:51 WIB Last Updated 2023-06-30T13:00:51Z

 



JAKARTA (ISL News)
– Pada Rabu kemarin, 28 Juni 2023, manajemen PT Samudera Indonesia Tbk. (SMDR) menyampaikan capaian kinerja perusahaan termasuk soal besaran dividen yang dibagikan kepada para pemegang saham.


Direktur Utama Samudera Indonesia Bani Maulana Mulia menyampaikan, pasca pandemi usai, beberapa proyek infrastruktur baik dari pemerintah maupun swasta kembali digenjot agar segera selesai. “Hal ini tentu akan memberikan impact positif bagi perseroan,” Uja Bani M. Mulia.



Optimisme itu kata Bani tentu didukung oleh kemampuan Samudera Indonesia menangkap berbagai logistik dengan armada yang mumpuni. Hingga Juli 2023, emiten berkode saham SMDR tersebut telah menerima 8 kapal baru dengan berbagai spesifikasi yang semuanya berasal dari Jepang, dan sekitar 1 sampai 3 kapal baru akan diterima perseroan hingga akhir tahun 2023.



“Kami optimis dengan alat kerja yang baru dan efisien akan berkontribusi pada peningkatan pendapatan,” ujar dia.


Selain dengan menambah armada terbaru, SMDR telah menyiapkan berbagai strategi, salah satunya yakni dengan memilah permintaan logistik dari perusahaan yang berkompeten sehingga dapat memberikan dampak yang positif pada revenue perseroan. Bahkan perseroan juga berencana untuk memperluas layanan overseas dengan tingkat profitabilitas yang baik.

“Kami sedang melakukan pembicaraan dan studi pendalaman untuk menjalin kerjasama atau membentuk joint venture dengan pihak yang membutuhkan solusi logistik terintegrasi,” tutur Bani. 

Meski begitu, dengan berbagai strategi yang sudah disebutkan tersebut, Bani masih enggan menyebutkan target pertumbuhan dan laba yang diincar oleh SMDR pada 2023. “Yang pasti akan lebih baik dari 2021, namun tidak setinggi 2022,” ungkapnya.

 

Bagikan dividen Rp 655 miliar

Sebelum acara Public Expose, di hari yang sama, berlangsung Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) SMDR yang menetapkan pembagian dividen Rp 655 miliar atau setara Rp 40 per saham untuk tahun buku 2022. Dividen tersebut melonjak 3,9 kali lipat dibandingkan dividen tahun buku 2021 yang sebesar Rp 165 miliar.


Payout ratio dari dividen tersebut sebesar 21% dari laba bersih tahun lalu yang mencapai US$ 212,69 juta. Laba tahun 2022 melesat 127,9% dibandingkan tahun 2021 yang senilai US$ 93,024 juta. Pembayaran dividen akan dilakukan 30 hari setelah RUPST, sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata Bani.



Ditambahkan, adapun dividen final yang akan dibayarkan nanti sebesar Rp 491,3 miliar atau Rp 30 per saham, karena Samudera Indonesia sebelumnya telah membagikan dividen interim Rp 163,8 miliar atau Rp 10 per saham.



(Redaksi ISL News/email:islnewstv@gmail.com).  

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pelayaran Nasional Samudera Indonesia Bagikan dividen Rp 655 miliar

Terkini

Topik Populer