Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Pelindo Regional 2 Ciwandan Banten Dioperasikan Layani Pemudik Motor Roda Dua dan truk logistik

09/04/23, 12:12 WIB Last Updated 2023-04-09T05:15:43Z



CILEGON BANTEN (ISL News) -
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan Pelabuhan Ciwandan yang saat ini dikelola oleh PT Pelindo (Persero) Regional 2 Ciwandan  bakal dioperasionalkan melayani pemudik di musim angkutan lebaran 2023. Pelabuhan barang yang dikelola Pelindo tersebut difungsikan untuk para pemudik kendaraan roda dua dan juga truk logistik.


Pelabuhan Ciwandan bukan alternatif, melainkan akan beroperasi bersamaan dengan pelabuhan Merak, yang saban musim mudik selalu terjadi kepadatan hingga macet panjang.


Dalam pemantauan mengenai kesiapan jalur menuju Pelabuhan Ciwandan yang berada di Kota Cilegon, atau berjarak sekitar 20 kilometer dari Pelabuhan Merak tersebut.


Secara umum, dalam pantauan yang dilakukan pada Kamis (6/4), jalur menuju Pelabuhan Ciwandan terbilang cukup baik dengan kondisi jalan yang mulus. Kontur jalan yang minim lubang sangat wajar karena jalur menuju Pelabuhan Ciwandan, dari Kota Cilegon, memang dipertimbangkan untuk truk bermuatan besar besar.


Pemudik motor dari arah Jabodetabek yang nantinya telah memasuki Cilegon Kota, akan diarahkan menuju Jalur Lingkar Selatan dari Pertigaan PCI Kota Cilegon. Jarak tempuh dari titik ini berkisar 17 kilometer atau dapat ditempuh dengan waktu 30-35 menit perjalanan.


Sebagai jalur nasional, jalan satu arah ini terbilang besar dengan lebar sekitar 10 meter, cukup untuk 2 buah truk besar, 3 mobil sedan, atau sekitar 5 baris motor beriringan. Pada hari-hari biasa, banyak beroperasi tambang pasir beserta truknya. Saat basah atau hujan, jalanan menjadi licin. Ketika kering, debu bertebaran. Kendati demikian telah muncul kebijakan truk pengangkut pasir diminta berhenti beroperasi pada H-10.


Dari Jalur Lingkar Selatan ini pemotor akan mengikuti jalan hingga menemui pertigaan dengan plang sekitar 300 meter Pelabuhan Ciwandan yang menunjuk ke arah kiri. Tak jauh dari lokasi tersebut, gerbang Pelabuhan Ciwandan akan terlihat berada di sebelah kanan jalan.

 

Pemotor Harus Berhati-hati Karena Minim Penerangan

Meski demikian, pengemudi harus berhati-hati lantaran Jalur Lingkar Selatan tersebut belum memiliki zebra cross. Polusi udara dari hilir mudik truk, bercampur cuaca panas, sangat direkomendasikan pemudik motor untuk menggunakan masker sepanjang perjalanan.


Selain itu, rambu maupun penunjuk arah dari Jalur Lingkar Selatan ke Pelabuhan Ciwandan juga belum terpasang. Plang penunjuk arah baru terlihat sekitar 300 meter sebelum pelabuhan.

Warga setempat, Mastuti, dalam pengakuannya menyebut lampu jalan sudah padam sejak tahun lalu. Ia pun mengakui banyak terjadi kecelakaan di jalur tersebut karena minim penerangan.

"Lampu enggak nyala sejak tahun lalu. Kalau malam gelap, kadang suka ada yang kecelakaan di jalur ini karena enggak ada penerangan," ujar Mastuti kepada CNNIndonesia.com, Kamis (6/4).
Dalam keterangan terpisah, Pemkot Cilegon mengaku akan bekerja sama dengan berbagai pihak agar rambu bisa dipasang sebelum H-10 Lebaran 2023.


"Rambu penunjuk arah itu kita masih koordinasi," ujar Kadishub Kota Cilegon, Kamis (6/4). Hal serupa juga Penerangan Jalan Umum (PJU) yang diakui masih pula menjadi persoalan tersendiri jelang musim mudik.


Selain persoalan rambu dan lampu penerangan, tempat peristirahatan di Jalur Lingkar Selatan juga cukup minim, namun jalan tersebut menjadi jalur tercepat menuju Pelabuhan Ciwandan.
Pengendara motor bisa mampir ke beberapa tempat untuk beristirahat, di antaranya satu buah minimarket (Indomaret) dan masjid Al-Asydiqo di Desa Ilir Serang.


Selain itu, ada pula dua SPBU Pertamina yang terletak 2 km di sebelah kiri di Jl Nasional dan 15 km di sebelah kanan di Jalur Lingkar Selatan dari lampu merah PCI atau sekitar 1,5 km dari Pelabuhan Ciwandan Banten.


(Tim Redaksi ISL News/email:islnewstv@gmail.com). 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pelindo Regional 2 Ciwandan Banten Dioperasikan Layani Pemudik Motor Roda Dua dan truk logistik

Terkini

Topik Populer