Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

PASTIKAN SIAP LAYANI ANGKUTAN LAUT LEBARAN 2023 (1444H) DI WILAYAH TIMUR INDONESIA, KEMENHUB GELAR UJI PETIK DI PELABUHAN AMBON

09/04/23, 15:35 WIB Last Updated 2023-04-09T08:36:54Z

 



AMBON (ISL News) -
Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Perkapalan dan Kepelautan menggelar uji petik atau pemeriksaan kelaiklautan kapal di Wilayah Kerja Kantor KSOP Kelas I Ambon pada hari ini (05/4). Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan keselamatan dan keamanan pelayaran pada penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran 1444H/2023M di wilayah Timur Indonesia.


Pada Uji Petik kali ini, Ditjen Perhubungan Laut melalui Direktorat Perkapalan dan Kepelautan berkolaborasi dengan Tim Marine Inspector KSOP Kelas I Ambon yang dipimpin langsung Kepala KSOP Arif Muljanto dalam pelaksanaan uji petik.


“Pada kesempatan ini kami menurunkan tim yang terdiri dari Marine Inspector Ditkapel Ditjen Hubla dan Tim dari Kantor KSOP Kelas I Ambon,” ujar Arif.


Arif menjelaskan, bahwa Pelabuhan Ambon sebagai Hub yang menghubungkan pulau Ambon dengan pulau-pulau lain di sekitarnya termasuk menghubungkan provinsi yang berada di wilayah Indonesia Timur khususnya dan di wilayah Indonesia lain umumnya, sehingga dengan mobilitas penumpang yang tinggi, tentunya kondisi kapal penumpang perlu dipastikan telah memenuhi persyaratan kelaiklautan.


“Untuk itulah, kita melaksanakan Uji Petik guna memastikan kapal-kapal penumpang yang akan melakukan perjalanan liburan mudik laiklaut dan dalam kondisi prima, sehingga dapat mengantarkan para penumpang dengan selamat ke tempat tujuan untuk merayakan lebaran bersama keluarga," jelas Arif.


"Tak bosan-bosan dan berulangkali menyampaikan utamakan aspek keselamatan "tidak ada kompromi menyangkut keselamatan," ujarnya.


Sementara itu ketua Tim Uji Petik Direktorat Kappel Kordinator Pengawasan Keselamatan Pelayaran Ahli Muda, Galih Ernowo mengatakan bahwa pada Uji Petik kali ini pihaknya telah melakukan pemeriksaan semua alat keselamatan di atas kapal terhadap 2 kapal penumpang yaitu KM. Sabuk Nusantara 106 dan KM. Sabuk Nusantara 71, dimana 11 kapal lainnya sudah diperiksa terlebih dahulu oleh Tim MI KSOP Kelas I Ambon.


"Pada pemeriksaan ini kami menemukan beberapa temuan yang langsung kami sampaikan kepada Nakhoda dan pihak operator agar menindaklanjut temuan sehingga dapat diperbaiki sebelum keberangkatan melayani angkutan lebaran,” ujar Galih.


Di tempat yang sama Kepala Bagian Armada PT. PELNI Cabang Ambon Akhmad Syaiful Anam, akan menindaklanjut atas temuan yang di sampaikan tim uji petik dan berkoordinasi dengan Pelni Pusat dengan harapan bisa meningkatkan pelayanan selama Angkutan Lebaran 1444H/2023M.


“Anita salah satu penumpang kapal menyambut baik dan sangat mengapresiasi perhatian serius yang diberikan oleh Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian Perhubungan terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran di Provinsi Maluku,” ujarnya


Ditambahkan Arif, adapun selesai pelaksanaan uji petik sesuatu yang baru disini  adalah ditandainya dengan penempelan Stiker/label bertulisan "Uji Petik Angleb 2023 Dit. Kappel - KSOP Ambon Cikar Kanan dan di tanda tanganin para petugas Uji Petik dan Nahkoda Kapal" dengan maksud kapal tersebut telah dilaksanakan Uji Petik dan diketahui masyarakat.


Sebagai informasi KM. Sabuk Nusantara 106 melayani rute Ambon, Banda, Geser, Gorom, Kesui, Pulau Teor, Kur, Tual, Pulau Kur, Teor, Kesui, Gorom, Geser, Werinama, Banda, Amahai, Banda, Ambon. Dan KM. Sabuk Nusatara 71 melayani rute Ambon, Amahai, Serua, Nila, Teon, Bebar, Wulur, Romamg, Kisar, Leti, Moa, Lakor, Luang, Lelang, Tepa, Lewa, Dawer, Kroing, Marsela, Saumlaki, Tual, Teon, Nila, Serua, Amahai dan Ambon dan selalu menjadi primadona angkutan laut di Provinsi Maluku.


(Redaksi ISL News/Humas HUBLA/email:islnewstv@gmail.com). 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PASTIKAN SIAP LAYANI ANGKUTAN LAUT LEBARAN 2023 (1444H) DI WILAYAH TIMUR INDONESIA, KEMENHUB GELAR UJI PETIK DI PELABUHAN AMBON

Terkini

Topik Populer