Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

PT IKT Tbk, Catat Volume Bongkar Muat CBU Meningkat Signifikan hingga 86,28% YoY

15/02/23, 13:29 WIB Last Updated 2023-02-15T09:28:02Z

 


J
AKARTA (ISL News) - Volume bongkar muat kendaraan di Terminal Kendaraan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC Terminal Kendaraan / IPCC) di awal tahun ini, khususnya pada segmen CBU kembali menunjukan angka yang lebih tinggi dari pencapaian di bulan yang sama di tahun lalu. Kondisi ini seiring dengan masih banyaknya permintaan akan kendaraan roda empat di masyarakat. Tidak hanya di dalam negeri namun, permintaan akan CBU di luar negeri pun juga masih menunjukan peningkatan.




Di awal tahun ini, tercatat volume bongkar muat kendaraan CBU di Terminal IPCC sebanyak 32.629 unit atau mengalami peningkatan 86,28% YoY dari periode yang sama di tahun lalu. Adapun angka tersebut berasal dari Terminal Internasional IPCC.


Sementara itu, pada Terminal Domestik tercatat bongkar muat kendaraan CBU sebanyak 28.156 unit atau naik 33,75% YoY dari tahun lalu. Pada Terminal Internasional, sebanyak 32.629 unit berasal dari bongkar muat CBU impor yang naik 99,43% YoY menjadi 5.283 unit dan bongkar muat CBU ekspor yang naik 83,94% menjadi 27.346 unit.


Sementara itu, pada Terminal Domestik, angka 28.156 unit tersebut di atas dikontribusi dari Terminal IPCC di Tanjung Priok, Jakarta dan sejumlah Terminal Satelit yang telah dioperasikan penuh oleh IPCC. Kontribusi paling besar masih dari Terminal IPCC di Tanjung Priok, Jakarta dengan kontribusi penanganan bongkar muat CBU sebanyak 12.753 unit atau naik 3,25% YoY.


Lalu, diikuti dengan Terminal Roro, Belawan, Medan yang memberikan kontribusi bongkar muat CBU sebanyak 6.750 unit atau naik 8,91% YoY dari tahun lalu. Sementara itu, dari Terminal Roro Makasar telah memberikan kontribusi penanganan bongkar muat CBU sebanyak 6.229 unit dimana di tahun lalu belum memberikan kontribusi karena belum tercatatkan dan di bawah kendali IPCC. Untuk Terminal Dwikora, Pontianak tercatat sebanyak 2.424 unit CBU atau lebih rendah 2,81% dari tahun lalu.


Jika dibandingkan dengan persentase kenaikan di tahun lalu maka kenaikan di tahun ini lebih tinggi dari sebelumnya. Sebut saja, bongkar muat CBU ekspor dimana pada Januari 2022 tercatat lebih rendah dibandingkan dengan tahun sebelumnya.


Sementara pada tahun ini meningkat 83,94% (sebagaimana disebutkan di atas). Begitupun juga dengan kondisi di Terminal Domestik yang juga meningkat seiring bertambahnya area penanganan bongkar muat kendaraan oleh IPCC. Tentunya hal ini menjadi berkah bagi IPCC yang berujung pada peningkatan kinerja operasional. Hal ini sejalan dengan fokus utama IPCC yaitu, Driving Superior Performance dimana IPCC kian menunjukan eksistensi peningkatan kinerjanya yang tentunya juga didukung oleh upaya peningkatan excellent operation untuk mempertahankan kualitas layanan terminal di IPCC.


Ke depan, IPCC terus berupaya mengembangkan portofolio bisnisnya dan cakupan area bongkar muat kendaraan di wilayah Indonesia sesuai dengan semangan Beyond The Gate sehingga turut membantu distribusi kendaraan yang pada akhirnya turut membantu perkembangan industri baik industri Pelabuhan, khususnya Terminal Kendaraan maupun industri otomotif dan memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham IPCC.


(Redaksi ISL News/Corsec IPCC/email:islnewstv@gmail.com).

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PT IKT Tbk, Catat Volume Bongkar Muat CBU Meningkat Signifikan hingga 86,28% YoY

Terkini

Topik Populer