Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Kapal KPLP Tanjung Balai karimun Berhasil EVAKUASI KAPAL KARGO MSC FAITH Yang KANDAS di Perbatasan INDONESIA - SINGAPURA

03/02/23, 11:00 WIB Last Updated 2023-02-03T04:00:04Z

 



RIAU (ISL News, 2/2/2023)
 Tim aksi cepat atau Quick Response Team (QRT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan berhasil melakukan evakuasi kapal kargo MSC Faith yang kandas di wilayah perbatasan Indonesia - Singapura. Kapal berbendera Liberia tersebut tengah membawa ratusan kontainer menuju Yantian China setelah bertolak dari Pelabuhan Singapura.


Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Capt. Mugen S Sartoto mengungkapkan kapal kargo MSC Faith kandas di sebelah Pulau Batu Berhanti, Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam, pada Selasa malam sekitar pukul 20.00 WIB.


"Kapal kandas karena kondisi cuaca buruk. Oleh karena itu saya menghimbau kepada semua pengguna transportasi laut untuk selalu mengutamakan keselamatan dan melakukan pemantauan kondisi cuaca secara berkala," ujarnya, Kamis (2/2/2023).


KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun, Jon Kenedi mengungkapkan proses evakuasi atau SAR dilaksanakan  dengan mengerahkan kapal patroli KNP 366.


"Kapal patroli KPLP langsung meluncur ke lokasi kejadian begitu mendapat informasi," ujarnya, Kamis (2/2).


Selain itu, kapal patroli KPLP yang meluncur ke lokasi dan membantu proses evakuasi adalah KN Sarotama dan KN Kalimasada milik Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Uban.


Pada saat kejadian, MSC Faith tengah mengangkut 6153 kontainer dan 24 orang kru termasuk kapten kapal yang berhasil dievakuasi dalam kedaan selamat.


"Selanjutnya, evakuasi kapal dan survey bawah air untuk mempermudah mengambil langkah dan mengetahui kondisi badan kapal," ujarnya.


Kapal MSC Faith berhasil lepas dari kandas 00.20 waktu setempat dan berlabuh di area Batu Ampar pukul 01.55 waktu setempat.


Dari hasil pengecekan kondisi kapal dan survei bawah air, tidak ada temuan kebocoran atau keretakan bawah air, tidak ada kerusakan dan tidak ada oil spil atau tumpahan minyak.


"Kapal-kapal patroli selalu siaga melakukan evakuasi, dan saat ini seluruh proses evakuasi sudah selesai dilaksanakan dengan cepat berkat kerjasama tim quick respon Ditjen Hubla," ujarnya.


Kapal MV MSC Faith itu diketahui berkapasitas 141.976 GT dengan jenis container carrier. Kapal tersebut milik Mediterranean Shipping Company SA dengan operator PT Buana Lintas Lautan.


(Redaksi ISL News/Humas HUBLA/email:islnewstv@gmail.com).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kapal KPLP Tanjung Balai karimun Berhasil EVAKUASI KAPAL KARGO MSC FAITH Yang KANDAS di Perbatasan INDONESIA - SINGAPURA

Terkini

Topik Populer