Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

PT IKT Tbk. atau IPCC Sabet Tiga PENGHARGAAN SEKALIGUS di Ajang Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Award

27/01/23, 19:44 WIB Last Updated 2023-01-27T12:44:28Z

 






J
AKARTA (ISL News, 26/01/2023) - Mengawali tahun Kelinci Air (2023) ini, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC Terminal Kendaraan/IPCC) kembali menorehkan prestasi. Tiga penghargaan diraih sekaligus dalam ajang “Penganugerahan OP Awards 2022”.


Ajang pemberian penghargaan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok. Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud apresiasi bagi Badan Usaha Pelabuhan (BUP), Terminal Operator, serta para stakeholder lainnya di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok.


Dalam kegiatan ini, acara tersebut dibuka oleh Dirjen Perhubungan Laut RI, Arif Toha Tjahjagama yang bergabung secara daring/online. Selain itu, dihadiri oleh Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok yang baru menjabar, yaitu Ir. Subagiyo, MT; Jajaran Polres KP3; serta para stakeholder Pelabuhan Tanjung Priok. Kegiatan ini bertempat di Harris Hotel and Convention Kelapa Gading, Jakarta Utara.



Dalam acara bergengsi tersebut, IPCC masuk dalam lima nominasi, yaitu Terminal Operator Dengan Pencapaian Zero Accident; Terminal Umum Dalam Mendukung Green Port; Terminal Operator Dalam Mendukung Program Digitalisasi Layanan; Terminal Operator Dengan Kinerja Terbaik; dan Terminal Dengan Pendukung Kampanye Anti Korupsi.





Dari sejumlah hasil evaluasi dan penilaian yang dilakukan oleh Dewan Juri Proses sepanjang periode penilaian dan diakhiri dengan penyerahan yang dilaksanakan pada 26 Januari 2023 maka telah diputuskan bahwa IPCC masuk dan mendapatkan penghargaan berupa sebagai berikut:

1.      Terminal Umum Dalam Mendukung Green Port;

2.      Terminal Operator Dengan Kinerja Terbaik;

3.      Terminal Dengan Pendukung Kampanye Anti Korupsi.


Pada penghargaan pertama dimana IPCC mendapatkan Awards sebagai Terminal Umum Dalam Mendukung Green Port maka penilaiannya berdasarkan pada Kelengkapan administrasi dan pelaporan lingkungan; Sarana pengelolaan lingkungan; dan Habit Lingkungan.


Sementara itu, pada penghargaan kedua selain Kelengkapan administrasi juga dinilai berdasarkan Kinerja pelayanan kapal; Kinerja bongkar muat; dan Kinerja utilisasi. Lalu, pada penghargaan ketiga, IPCC dinilai sangat memberikan dukungannya pada Kampanye Anti Korupsi dimana IPCC memenuhi kriteria sebagai berikut:


Adanya Penandatanganan Pakta Integritas; Adanya Sosialisasi Anti Korupsi, Spanduk Anti Korupsi; dan terdapat saluran Whistle Blowing System (WBS) dan nomor pengaduan. Tidak hanya itu, IPCC juga mendapatkan penghargaan khusus berupa Terminal Pendukung Pelabuhan Sehat dari Kementrian Kesehatan.


S.Joko, Senior Manager Operasi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak penyelenggara dan juga internal IPCC yang telah bekerja keras demi tercapainya sejumlah awards yang diraih oleh IPCC. 

Kami menyampaikan terima kasih kepada pihak penyelenggara atas penghargaan yang diberikan kepada kami. Selain itu, kami juga mengucapkan banyak terima kasih dan rasa bangga kepada para insan IPCC yang telah bekerja keras dan mendukung kegiatan di IPCC sehingga IPCC mampu meraih sejumlah penghargaan tersebut. Tentunya dengan adanya penghargaan ini tidak membuat kami berpuas diri, justru semakin memacu kami dalam meningkatkan kinerja dan menjalankan sejumlah program strategis kami serta menjalankan kegiatan usaha kami sesuai dengan GCG yang berlaku pada perusahaan terbuka”, demikian ungkap S.Joko di sela-sela pemberian penghargaan.


Hal senadajuga dikemukakan Getsa Nagista, selaku Assistant Senior Manager HSSE yang menerima penghargaan Terminal Umum Dalam Mendukung Green Port turut mengungkapkan apresiasinya. 


Implementasi dan realisasi kami menuju Green Port Car Terminal sejalan dengan arahan holding kami untuk mewujudkan pembangunam pelabuhan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan (green and smart port). Secara bertahap kami lakukan review dan evaluasi di setiap lini kegiatan sehingga IPCC dapat mewujudkan green and smart port. Bagi kami, kegiatan di IPCC tidak hanya memiliki kepentingan ekonomi saja, tetapi juga memperhatikan lingkungan dan juga inklusif atau punya kepedulian sosial di kawasan sekitarnya”, ungkap Getsa.


Tidak hanya itu, mewujudkan kegiatan di Pelabuhan yang bersih dan bebas dari praktek-praktek illegal dan tidak benar juga dilakukan oleh IPCC. Astrid Unggul Pawestri, Asisstant Senior Manager Hukum turut menyampaikan pandangannya di sela pemberian penghargaan Terminal Dengan Pendukung Kampanye Anti Korupsi.


Kami sebagai perusahaan terbuka tentunya juga diawasi oleh publik. Publik tidak hanya mengawasi kinerja kami secara operasional maupun keuangan namun, juga memperhatikan aktivitas bisnis yang kami lakukan. Praktek kecurangan seperti gratifikasi, korupsi, dan sejenisnya tentu sangat kami hindari untuk mendukung sustainability activities yang kami lakukan. Penghargaan ini tentunya memacu kami untuk tetap sustain menjalankan amanah kegiatan usaha dengan praktek-praktek yang benar secara aturan”, demikian Astrid memberikan pandangannya.

Beyond The Gate -  IPCC, Leading to be The World Class Car Terminal Ecosystem


(Redaksi ISL News/Corcom IPCC/email:islnewstv@gmail.com).

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PT IKT Tbk. atau IPCC Sabet Tiga PENGHARGAAN SEKALIGUS di Ajang Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Award

Terkini

Topik Populer