Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

KPLP DIBEKALI Kemampuan BOARDING OFFICER, Wujudkan Petugas Yang RESPONSIF

26/01/23, 12:23 WIB Last Updated 2023-01-26T05:24:24Z

 



MANADO (ISL News) -
Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) meningkatkan performa kemampuan pertahanan diri awak kapal negara untuk melayani kebutuhan masyarakat pengguna jasa transportasi laut yang responsif. Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan “Peningkatan Keterampilan Boarding Officer KPLP” bertempat di  Manado dan Daerah Lingkungan Kerja Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Bitung, Sulawesi Utara 24 - 28 Januari 2023.

 

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Capt. Mugen S Sartoto mengatakan pelaksanaan kegiatan Boarding Officer pada kesempatan ini mengambil tema “Peningkatan Kompetensi Personil Boarding Officer Melalui Mitigasi Resiko, mewujudkan KPLP Yang Responsif Dalam Mendukung Keselamatan dan Keamanan Pelayaran”.


"Dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum di laut, personil KPLP harus cekatan, profesional dan menguasai aturan-aturan yang belaku dalam dunia maritim. Selain itu, personil juga harus dibekali dengan pengetahuan keterampilan khusus, yang dapat membantu dalam menjalankan tugas operasi di perairan dalam menghadapi ancaman, salah satunya adalah keterampilan Boarding Officer," ujarnya saat membuka acara.


Boarding Officer merupakan bentuk keterampilan yang sangat bermanfaat dan cocok untuk awak kapal negara untuk mempelajari tentang bagaimana teknik-teknik untuk menghindari serangan dan melumpuhkan lawan bilamana menghadapi ancaman bahaya pada saat melakukan operasi di perairan dalam kondisi darurat dan terdesak.


Oleh karenanya, Capt. Mugen menegaskan bahwa Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakan Pelatihan Keterampilan Boarding Officer yang bertujuan untuk membentuk SDM Awak Kapal Negara Patroli KPLP yang selalu siap siaga, terampil dan cekatan dalam menghadapi situasi ancaman-ancaman kejahatan, yang kerap terjadi di laut, pantai maupun di pelabuhan.


"Pemerintah memiliki komitmen untuk menjamin pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran mutlak di lakukan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, sehingga para pengguna Jasa Transportasi Laut merasa nyaman dan aman dalam melakukan kegiatannya," ujarnya.


Selanjutnya, Capt. Mugen melakukan kunjungan ke Dermaga Kapal Negara Pangkalan PLP Kelas II Bitung dalam rangka meninjau kesiapan para pasukan dan pengecekan Armada Kapal patroli yang ada di Pangkalan Plp Kelas II Bitung.


Dalam kesempatan tersebut, Kasubdit Patroli dan Pengamanan KPLP, M Hermawan mengatakan peserta kegiatan Peningkatan Keterampilan Boarding Officer ini adalah para Awak Kapal Negara Patroli pada Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.


Adapun materi yang diberikan adalah "Filosofi Penjagaan Laut dan Pantai Dalam Memainkan Peran Polisionil dan Kontrabulari Selaku Boarding Officer" dan "Etika, Persiapan dan Prosedur Pemeriksaan, Prosedur dan Konsep Taktis Boarding Officer.


"Metodenya adalah pemberian materi di kelas, praktik di aula dan praktik di atas kapal dengan skenario. Dan peserta Pembentukan Keterampilan Boarding Officer diberikan Sertifikat setelah evaluasi," ungkap M Hermawan.


Kepala Pangkalan PLP Kelas II Bitung Sabar Maima Hasugian menyambut baik adanya pelatihan tersebut. Sebagai informasi PLP Kelas II Bitung merupakan salah satu Pangkalan PLP yang memiliki perlengkapan pelatihan Boarding Officer dari lima Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai di seluruh Indonesia.


"Kita harus terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan para petugas di lapangan untuk meningkatkan pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran," ujar Sabar.


Sabar juga menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai kesiapan dan pengecekan sebelum dan selama latihan berlangsung.


"Kami sudah melakukan berbagai kesiapan guna mendukung kelancaran acara," tutupnya.

 

Pelatihan Boarding Officer ini akan diakhiri dengan kegiatan praktik atau drill exercise di laut tepatnya di sekitar Pelabuhan Bitung dengan menggunakan Kapal Negara milik Pangkalan PLP Kelas II Bitung yaitu KN. Gandiwa - P.118 dan KN-P.331.

 

Pada pembukaannya, kegiatan ini turut dihadiri oleh beberapa Kepala UPT Ditjen Perhubungan Laut yang ada di Sulawesi Utara seperti Kepala KSOP Kelas II Bitung, Kepala KSOP Kelas III Manado dan Kepala Distrik Navigasi Type A Bitung/Manado.


(Redaksi ISL News/Humas HUBLA/email:islnewstv@gmail.com). 


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KPLP DIBEKALI Kemampuan BOARDING OFFICER, Wujudkan Petugas Yang RESPONSIF

Terkini

Topik Populer