Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

PELINDO Regional 3 Kumai SIAPKAN ALTERNATIF Alur Operasional, JAMIN Layanan PELABUHAN KUMAI Normal

22/10/22, 13:46 WIB Last Updated 2022-10-22T06:47:54Z



PANGKALAN BUN (20/10/2022) -  
PT Pelabuhan Indonesia Persero Cabang Kumai melakukan sejumlah langkah untuk menjamin layanan operasional tetap berjalan normal pasca insiden karam dan tergulingnya KM Satya Kencana III di area perairan pelabuhan Kumai, Pangkalan Bun, Rabu dini hari (19/10/2022). Salah satunya dengan menyiapkan skema layanan operasional pelabuhan dengan memaksimalkan sisa dermaga yang ada.


 

CEO Pelindo Sub Regional Kalimantan Fariz Hariyoso menyampaikan, pihaknya merespon cepat kejadian tersebut dengan berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti Otoritas Pelabuhan dan pihak perusahaan pelayaran atau pengguna jasa. Dalam pertemuan terserbut, pihaknya membahas upaya penanganan insiden termasuk juga skema alternatif pelayan operasional di Pelabuhan Kumai.


 

Sementara dalam hal operasional pihaknya menyampaikan saat ini Pelabuhan kumai memiliki total panjang dermaga mencapai 300 meter, dan area yang terdampak insiden sepanjang 100 meter, sehingga masih ada sekitar 200 meter dermaga yang bisa di optimalkan untuk melayani sandar kapal.


 

“Kami melakukan langkah – langkah penanganan insiden kecelakan sesuai dengan SOP yang kami miliki, Salah satunya memasang oil boom dan melokalisir area insiden, kami juga berkolaborasi berbagai pihak seperti, Otoritas Pelabuhan, Syahbandar serta tentunya Pengguna Jasa Kepelabuhanan untuk dapat mengatur pola aktivitas tambat sandar dan bongkar muat kapal di dermaga demi kelancaran kinerja operasional”. Ujar Fariz


 

Semenatara itu Kepala Kantor Kesyahbadaran dan Otoritas Kelas IV Pelabuhan Kumai Hary Suyanto mengatakan, dalam upaya penanganan awal dan menjamin keselamatan pelayaran, pihaknya bersama Pelindo saat ini telah melokalisir area insiden dan memasang oil boom di area kecelakaan. Hal tersebut untuk meminimalisir potensi tumpahan minyak dari kapal yang karam.


 

“Fokus kami saat ini adalah melokalisir area kejadian, selain bertujuan untuk memastikan keselamatan alur pelayanan hal itu juga bertujuan untuk mempermudah pengalihan alur layanan operasional pelabuhan sehingga pelayanan masih bisa berjalan normal.” Ujar KSOP Kumai


 

Sebelumnya Kapal Motor Satya Kencana III tujuan Surabaya – Kumai yang mengangkut 289 penumpang termasuk crew mengalami insiden karam dan tenggelam di Dermaga Terminal Penumpang Panglima Utar Pelabuhan Kumai, Rabu dini hari. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.



​PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang, dan tanggung jawab Pelindo mengelola pelabuhan yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia. Pelindo menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi negara dan masyarakat.


(Redaksi ISL News/Humas Pelindo Regional 3/email;islnewstv@gmail.com).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PELINDO Regional 3 Kumai SIAPKAN ALTERNATIF Alur Operasional, JAMIN Layanan PELABUHAN KUMAI Normal

Terkini

Topik Populer

Iklan layanan ISL 4 media grup