Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

KEMENHUB Gelar UJI KELAIKLAUTAN Kapal di PELABUHAN AMBON, Jelang Natal dan tahun baru 2023

21/10/22, 16:43 WIB Last Updated 2022-10-21T09:44:06Z




AMBON (21/10/2022) -
Untuk memastikan kesiapan sarana angkutan laut khususnya dalam mendukung kelancaran angkutan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mulai melakukan Uji Petik atau Uji Kelaiklautan Kapal Penumpang sejak 19 September sampai dengan 25 November 2022 di seluruh pelabuhan penumpang.


Kali ini Uji Kelaiklautan Kapal digelar di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon pada Kamis (20/10/2022). Adapun kapal yang diuji petik yakni KM. Sabuk Nusantara 87 dan KM. Cantika Lestari 99. 


Pada rangkaian Uji Petik ini, Kemenhub menerjunkan Tim dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan yang diwakili oleh Imran Widya Umbara didamping Tim KSOP Kelas I Ambon terdiri dari Marine Inspector dan Ahli Ukur Kapal, Kepala Bidang Status Hukum dan Sertifikasi Kapal, Ferra J. Alfaris, dan Kepala Seksi Status Hukum Kapal, Hamdi Abduh.


Kepala Kantor KSOP Kelas I Ambon Herwanto mengatakan pelaksanaan uji petik ini merupakan komitmen kami untuk memastikan kondisi dan fisik kapal dinyatakan layak dan memenuhi unsur keselamatan sehingga kapal-kapal tersebut dapat melayani para pemudik.


"Beberapa aspek yang diperiksa dalam uji petik ini diantaranya pemeriksaaan dokumen kapal dan sertifikasi awak kapal, pemeriksaan teknis kapal meliputi bagian deck seperti bagian lambung, geladak, tangki bahan bakar, tangki air tawar, kursi/tempat tidur penumpang, alat-alat keselamatan seperti sekoci, Inflatable Life Raft, life jacket dan life bouy, pemeriksaan bagian mesin dan bagian listrik serta pengujian sarana dan peralatan lain terkait keselamatan kapal yang waib dipenuhi oleh operator kapal," jelasnya.


Dari hasil pemeriksaan kapal, secara umum KM. Sabuk Nusantara 87 dan KM. Cantika Lestari 99 dalam kondisi baik dan siap melayani penumpang. Hanya ditemukan kekurangan minor misalnya ada beberapa kelengkapan di kapal yang belum tersedia. 


"Terkait hal tersebut, direkomendasikan agar operator kapal dapat melengkapi beberapa kekurangan yang ditemukan sesuai ketentuan," tegas Herwanto.


Sebagai informasi kapal KM. Sabuk Nusantara 87 dengan kapasitas 475 penumpang ini melayani Trayek Perintis R-73 dengan rute Ambon - Bebar - Wulur - Tepa - Lelang - Luang - Lakor - Moa - Leti - Kisar - Arwala - Ilwaki - Amau - Lirang - Kupang - Lirang - Amau - Ilwaki - Arwala - Kisar - Leti - Moa - Lakor - Luang - Lelang - Tepa - Wulur - Bebar - Ambon.


Sedangkan kapal KM. Cantika Lestari 99 milik PT. Pelayaran Dharma Indah dengan kapasitas 404 penumpang ini melayani rute pelayaran Ambon - Bula, Geser, Gorom (PP).


(Redaksi ISL News/Humas HUBLA/email:islnewstv@gmail.com).  
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KEMENHUB Gelar UJI KELAIKLAUTAN Kapal di PELABUHAN AMBON, Jelang Natal dan tahun baru 2023

Terkini

Topik Populer