Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Pelindo Regional 4 Makassar Kembali Gelar Sholat Iedul Fitri 1443 Hijriah

30/04/22, 08:16 WIB Last Updated 2022-04-30T01:22:54Z



MAKASSAR (ISL News) -
Pelaksanaan Ibadah Sholat Idulfitri di Pelabuhan Makassar dilaksanakan kembali tahun ini setelah terhenti akibat pandemi Covid-19. PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar bersama instansi yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Pembina Rohani Islam Keluarga Besar (BKS Rohis) Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan Sholat Idulfitri di depan Gudang 104 dan Lapangan Parkir Pelabuhan Makassar.

 

Ketua Pengurus BKS Rohis Keluarga Besar Perhubungan Sulsel, Riman S. Duyo mengatakan pelaksanaan Sholat Ied kemungkinan pada Senin, 2 Mei 2022 atau mengikuti tanggal yang ditetapkan oleh Pemerintah RI. Jamaah yang ingin melaksanakan waktunya mulai pukul 06.30 Wita sampai selesai. Bertindak selaku Imam yaitu Abd. Gaffar HN, S.Ag. Khatib tahun ini adalah Prof. Dr. H. Lomba Sultan, MA dengan tema khotbah "Dengan Idul Fitri Kita Meraih Kemenangan Spiritual dan Pengendalian Emosional."

 

Riman S. Duyo mengatakan, "Sholat Idulfitri tahun ini akan dilakukan di Pelabuhan Makassar dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, yakni dengan himbauan agar jemaah tetap menggunakan masker."

 

Selain akan dihadiri pengurus dan anggota Badan Kerja Sama Pembina Rohani Islam Keluarga Besar Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan, panitia juga mengundang seluruh masyarakat, utamanya yang berada di sekitar Pelabuhan Makassar untuk ikut melaksanakan Sholat Idulfitri bersama.

 

"Khusus jamaah, pass masuk pelabuhan ditiadakan," kata Riman.

 

Hal ini ditekankan karena pada pelaksanaan Sholat Idulfitri tahun-tahun sebelumnya, kadang jamaah diberatkan dengan oknum yang memungut parkir secara liar, padahal seyogyanya parkir gratis, tidak dipungut biaya sepeser pun. Adapun pass masuk pelabuhan yang biasa dibayarkan sebelum masuk pelabuhan, pada saat penyelenggaraan Sholat Idulfitri, dinonaktifkan bagi para jamaah yang akan masuk untuk sholat.

 

Setiap tahun BKS Rohis Keluarga Besar Perhubungan Sulsel selalu menggelar Sholat Ied di area Pelabuhan Makassar. Namun selama dua tahun pelaksanaan Sholat Ied ditiadakan karena pandemi Covid-19, dan pada pelaksanaan tahun ini diupayakan lebih optimal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

(Redaksi ISL News/Humas Pelindo Regional 4 Makassar/email:islnewstv@gmail.com).  

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pelindo Regional 4 Makassar Kembali Gelar Sholat Iedul Fitri 1443 Hijriah

Terkini

Topik Populer