Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Satlinlamil 1 Gelar latihan dalam Kondisi Darurat, Sekoci Adalah Alat Keselamatan Utama

23/02/22, 04:34 WIB Last Updated 2022-02-22T21:35:06Z

 



JAKARTA TANJUNG PRIOK (ISL News) -
– Di hari pertama Minggu ke-4 bulan Februari 2022 unsur-unsur KRI jajaran Satlinlamil 1 kembali menggelar latihan guna mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme prajurit sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Materi yang dilatihkan adalah peran sekoci. Latihan yang melibatkan prajurit dari KRI Mentawai-959, KRI Teluk Manado-537, KRI Banda Aceh 593 dan KRI Teluk Hading-538 dilaksanakan di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin kemarin (21/2/2022).



Latihan diawali dengan penyampaian materi tentang peran sekoci, prosedur dan jaring komunikasi dalam pelaksanaan peran sekoci oleh para Perwira di masing-masing KRI yang terlibat. Selanjutnya dilaksanakan drill peran sekoci. Drill peran sekoci ini dilaksanakan untuk melatih kecekatan dan kecepatan personel dalam menurunkan dan menaikkan sekoci.



“Sekoci sebagai salah satu alat keselamatan kapal dalam kondisi darurat harus bisa diturunkan dengan cepat. Tidak hanya cepat saja namun juga harus memperhatikan keselamatan personel dan materiil lainnya.” ujar Komandan Satlinlamil 1 Kolonel Laut (P) Tarus Rostiyadi



Komandan Satlinlamil 1 menambahkan bahwa peran sekoci harus sering dilatihkan, selain untuk menguji kemampuan prajurit juga untuk mengetahui sistem dalam peran sekoci dapat berjalan dengan baik ataukah tidak. Bilamana dalam proses peran sekoci ada kendala maka dapat segera diantisipasi dan segera diperbaiki.



Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S Aldedharma dalam kesempatan terpisah menyampaikan agar sekecil apapun sistem yang ada di atas kapal perang harus diuji coba secara berkala. Hal tersebut untuk memastikan semua sistem berjalan dengan baik dan lancar, sehingga dalam kondisi-kondisi tertentu sistem tersebut digunakan tidak ada kendala dan kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar.



“Sesuai arahan dan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, semua sistem yang ada di atas KRI harus dalam kondisi baik dan siap digunakan setiap saat. Hal tersebut untuk mempertahankan kesiapsiagaan unsur KRI agar siap dioperasikan setiap saat.” ungkap Panglima Kolinlamil.



Dari lokasi latihan tampak para prajurit berlatih dengan semangat dan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Semua sistem berjalan dengan baik, hal tersebut terlihat ketika sekoci berhasil diturunkan kemudian dinaikkan kembali dan diletakkan pada posisi semula. 


(Redaksi ISL News//Humas Kolinlamil/email:islnewstv@gmail.com).


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Satlinlamil 1 Gelar latihan dalam Kondisi Darurat, Sekoci Adalah Alat Keselamatan Utama

Terkini

Topik Populer