Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Kapal Perang RI atau KRI Satlinlamil 2 Berhasil Terobos Medan Ranjau

06/02/22, 13:46 WIB Last Updated 2022-02-06T06:49:46Z

 


JAKARTA(ISL News) -
Unsur Kapal Perang Satuan Lintas Laut Militer 2 kembali mengikuti latihan mingguan di Minggu kedua Februari 2022. Latihan yang merupakan program Staf Operasi Satlinlamil 2 ini menggelar materi Mine Filed Transit (MFT), Jumat kemarin (4/2/2022)


Latihan tersebut melibatkan lima kapal perang yaitu KRI Teluk Bintuni-520, KRI Teluk Youtefa-522, KRI Banjarmasin-592, KRI Teluk Parigi-539 dan KRI Teluk Lampung-540.


Dalam latihan itu disimulasikan kelima KRI unsur Satlinlamil 2 berhasil lolos dari ancaman ranjau laut yang disebar oleh pasukan musuh di Perairan Laut Jawa.


Lima kapal perang yang tergabung dalam formasi tempur tersebut berhasil keluar dari pelabuhan dengan selamat dan langsung melancarkan operasi di perairan terbuka setelah melakukan Mine Field Transit (MFT).


Mine Field Transit merupakan suatu prosedur melewati medan ranjau atau proses penuntunan melewati alur terobos pada medan ranjau yang telah ditebar oleh pihak musuh untuk menghambat gerak laju kapal perang menuju daerah operasi dan menggagalkan keseluruhan suatu operasi.



Latihan diawali dengan communication check oleh Komandan KRI Teluk Bintuni-520 sebagai Officer Conducting Serial (OCS) yang akan mengendalikan keseluruhan rangkaian latihan termasuk jaring komunikasi radio.



Kemudian dilanjutkan dengan simulasi KRI lepas dari dermaga, berturut-turut KRI Teluk Bintuni-520, KRI Teluk Youtefa-522, KRI Banjarmasin-592, KRI Teluk Parigi-539 dan KRI Teluk Lampung-540. Setelah keluar dari pelabuhan, seluruh unsur-unsur langsung melaksanakan peran melewati medan ranjau.



Disimulasikan, saat melewati medan ranjau kelima KRI tersebut dipandu oleh KRI dengan spesifikasi Buru Ranjau (BR) yang berada di garis depan formasi tempur.” jelas Komandan Satlinlamil 2 Kolonel Laut (P) Muhammad Nizarudin yang meninjau langsung latihan mingguan tersebut.



Latihan ini bertujuan melatih kesiapsiagaan prajurit unsur KRI Satlinlamil 2 dalam melaksanakan peran melewati medan ranjau. Dimana keberhasilan melewati medan ranjau merupakan salah satu langkah awal yang menentukan kelanjutan suatu operasi.



Diharapkan dengan latihan ini, setiap prajurit mampu meningkatkan pengetahuan, pemahaman serta keterampilannya dalam menjalin koordinasi maupun kerjasama antar unsur dengan baik sehingga keberhasilan tugas operasi yang dilaksanakan dapat tercapai. 



(Red. ISL News/email: islnewstv@gmail.com).

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kapal Perang RI atau KRI Satlinlamil 2 Berhasil Terobos Medan Ranjau

Terkini

Topik Populer

Iklan layanan ISL 4 media grup