Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Siap-siap, TARIF Angkut KONTENER oleh Perusahaan Pelayaran Bakal Naik Hingga 80 Persen

12/12/21, 08:24 WIB Last Updated 2021-12-12T01:25:28Z

 


JAKARTA – BANDUNG (ISL News) -
Beberapa perusahaan pelayaran domestik akan memberlakukan sistem floating booking space khusus untuk pengiriman kontainer mulai Januari 2022.

 

 

Sistem tersebut diberlakukan pelayaran nasional kepada para pelanggannya baik yang melakukan booking langsung  ke pelayaran maupun yang melalui jasa forwarder nasional.

 

 

Senior Consultant Supply Chain Indonesia (SCI) Sugi Purnoto mangatakan sistem itu menyulitkan para pelaku logistik terutama perusahaan jasa logistik terintegrasi (3PL) dan pengguna yang tidak menggunakan jasa 3PL, karena tidak ada jaminan ruang (space) dan rencana booking untuk pengiriman kontainer antar pulau.

 

 

Sistem floating booking space berpotensi berdampak terhadap peningkatan tarif pengangkutan kontainer karena kontainer tersedia tetapi ruang di kapal tidak tersedia.

 

 

Sugi menjelaskan pada periode antara awal hingga akhir 2021 terjadi kenaikan tarif yang tinggi. Untuk kota-kota strategis dengan volume kontainer yang cukup besar seperti Makassar terjadi kenaikan antara 30-80 persen dan Medan antara 30-60 persen.

 

 

Kenaikan tarif yang terjadi sejak triwulan II - 2021 itu kemungkinan berlanjut pada tahun 2022.

 

 

Para pengusaha menunggu tanggapan dari pelayaran nasional karena kondisi tersebut bertolak belakang dengan kebijakan Presiden Jokowi terkait penurunan biaya logistik.

 

 

Beberapa upaya seperti program Tol Laut sudah dilakukan untuk penurunan harga barang terutama mengurangi disparitas harga di wilayah timur.

 

(RED. ISL News/Humas SCI /email:redaksiislnewstv@gmail.com).

 

 

 

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Siap-siap, TARIF Angkut KONTENER oleh Perusahaan Pelayaran Bakal Naik Hingga 80 Persen

Terkini

Topik Populer