Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

PELINDO Regional 2 Banten PROFIL BISNIS

12/12/21, 13:12 WIB Last Updated 2021-12-12T06:14:49Z



BANTEN (ISL News) -
DAHULUNYA, Pelindo Regional 2 merupakan cabang dari PT Pelabuhan Indonesia II (Persero). Dan kini Pelabuhan Banten menjadi Pelindo Regional 2 bantenA 
yang dikelola oleh manajemen PT Pelindo (Persero) , suatu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berkantor pusat di Jalan Pasoso No.1 Tanjung Priok Jakarta.



PT Pelindo Regional 2 Banten (Terminal Umum Ciwandan) atau dikenal sebagai Terminal Umum Ciwandan terletak di tepi selat sunda pada kordinat : 06⁰-01'-12'' LS dan 105⁰-7'-05'' BT. Terminal Umum Ciwandan Banten secara administratif terletak di Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon dengan jarak sekitar 11 km dari kota Cilegon-Anyer, mempunyai hubungan akses jalan darat melalui jalan Tol Jakarta-Merak dan berhubungan dengan jalur penyeberangan Merak-Bakauheni/Lampung yang mudah dijangkau, baik itu melalui pintu tol Cilegon Barat atau melalui pintu tol Cilegon Timur yang dihubungkan dengan jalan lingkar selatan langsung ke PT Pelindo Regional 2 Banten (Terminal Umum Ciwandan).



Pesatnya pertumbuhan industri diwilayah Banten baik di Kota Cilegon, Serang Barat, Serang Timur, Balaraja maupun Tanggerang bagian barat, menjadikan daerah hinterland PT Pelindo Regional 2 Banten (Terminal Umum Ciwandan) sangat mendukung.



Terminal Umum Ciwandan diresmikan pada tanggal 27 Agustus 1988 dengan luas daerah lingkungan kerja daratan 54,7 Ha dan daerah lingkungan kerja perairan sekitar 4.100 Ha. Dengan konsentrasi pada bidang industri Jasa Kepelabuhanan, PT Pelindo Regional 2 Banten (Terminal Umum Ciwandan) menjalankan usaha pada sektor Pelayanan Jasa Kepelabuhanan dan Usaha-usaha lainnya yang mempunyai kaitan dengan usaha tersebut di antaranya menyediakan dan mengusahakan :

1.    Kolam Pelabuhan dan Perairan untuk lalu lintas dan tempat Kapal berlabuh;

2.    Jasa-jasa yang berhubungan dengan pemanduan dan penundaan;

3.    Dermaga dan fasilitas lain untuk tambat dan bongkar muat barang;

4.    Gudang, Lapangan penimbunan, alat bongkar muat dan peralatan pelabuhan lainnya

5.  Tanah untuk berbagai bangunan dan lapangan, industri atau gedung/gedung dan bangunan yang berhubungan dengan kepentingan dan kelancaran angkutan laut;

6.    Pengadaan listrik dan air Kapal;

7.    Fasilitas lain yang dapat menunjang tercapainya tujuan perusahaan.

 

PELAYANAN JASA KAPAL

 

JASA PEMANDUAN

Dalam rangka meningkatkan pelayanan pemanduan, management Pelabuhan Banten selalu merekrut tenaga Pandu Bandar yang berusia produktif (30-50 tahun), didukung dengan 2 unit Motor Pandu yaitu MP.I-035 dan MP.I-040, dan 2 stasiun pandu yang berlokasi di wilayah utara (Merak dan sekitarnya) dan diwilayah selatan (Ciwandan dan sekitarnya) dengan operator-operator radio yang qualified guna memberikan rasa aman serta memudahkan pengawasan bagi kapal-kapal berlabuh.

 


ASA PELABUHAN/ JASA PENUNDAAN Kapal

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan penundaan, manajemen Pelabuhan Banten mengganti Kapal-kapal tunda yang berusia tua dan bertenaga rendah dengan kapal-kapal baru yang berusia muda dan bertenaga besar ( > 2.300 Hp).


 

JASA TAMBAT Kapal

Pelayanan Penambatan ini adalah gabungan dari pada bagian pelayanan kapal dan pelayanan bongkar muat barang sehingga sangat berkaitan dengan kinerja operasional bongkar muat barang. Kami juga menempatkan orang-orang yang kompeten di bidangnya. Manajemen Pelabuhan Banten berusaha menekan delay time (waktu terbuang sia-sia) sehingga kapal akan cepat selesai diatas target rata-rata.

Dan PT Pelindo Regional 2 Banten (Terminal Umum Ciwandan) ini telah menerapkan sistem Kode Pengamanan Kapal dan Fasilitas Pelabuhan Internasional (International Ships and Port Facility Security/ISPS Code) sejak tanggal 1 Juli 2004, ini berarti Terminal Umum Ciwandan Banten siap untuk disinggahi atau dikunjungi oleh kapal-kapal internasional. 

 


Addres s Office IPC Of Banten :

 JL. RAYA PELABUHAN NO.1, CIWANDAN, KEPUH, CILEGON, KOTA CILEGON, BANTEN 42446

Email :banten@indonesiaport.co.id

 Phone : +62 254 601417

 

 

(* Tim REDAKSI ISL News )

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PELINDO Regional 2 Banten PROFIL BISNIS

Terkini

Topik Populer

Iklan layanan ISL 4 media grup