Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

92 orang Perwira Pandu yang dilantik Dirjen Perhubungan Laut, telah mengikuti rangkaian Diklat di PMLI Bogor selama 540 jam pelajaran

27/09/23, 08:20 WIB Last Updated 2023-09-27T01:23:08Z



BOGOR (ISL News)
- Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kembali melantik 92 orang Perwira Pandu Tingkat II. Pelantikan yang diselenggarakan di Gedung Karya Kementerian Perhubungan Republik Indonesia ini, dipimpin secara langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi selaku Inspektur Upacara.


Para Perwira Pandu Tingkat II yang dilantik hari ini merupakan gabungan dari 3 angkatan, yakni angkatan 52 sebanyak 28 orang, angkatan 53 sebanyak 26 orang, angkatan 54 sebanyak 20 orang, dan angkatan 55 sebanyak 18 orang.


92 orang Perwira Pandu ini sebelumnya telah mengikuti rangkaian pendidikan dan latihan selama 105 hari yang meliputi pembekalan, pembelajaran teori, praktek simulator dan evaluasi yang dilaksanakan di Kampus BP2TL-Jagakarsa dan di Kampus PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PT PMLI) -Bogor, selama 54 hari atau setara dengan 540 jam pelajaran, dan praktek memandu kapal yang dilaksanakan di Perairan Wajib Pandu Kelas I Tanjung Perak–Surabaya selama 51 hari atau setara dengan 510 jam pelajaran. Menariknya, dari 92 orang Perwira Pandu yang dilantik, 3 di antaranya berjenis kelamin wanita.


Dalam sambutannya Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi menyampaikan rasa bangga karena diantara para Pandu pria terdapat 3 orang Pandu wanita, hal ini menunjukkan komitmen Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam mendukung prinsip kesetaraan gender dengan membuka peluang seluas-luasnya dan memberikan kesempatan yang sama bagi pelaut wanita untuk berprofesi sebagai pandu.


“Masih dalam momentum Hari Perhubungan Nasional Tahun 2023, menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kami karena terdapat 3 (tiga) orang Pandu Wanita dari total 92 orang Pandu yang dilantik pada hari ini," ujar Beliau.


Selain itu lanjut beliau, Ditjen Perhubungan Laut senantiasa berkomitmen untuk terus mencetak Perwira Pandu yang kompeten secara bertahap dan berkesinambungan melalui skema kerjasama internal maupun dengan institusi pendidikan pelatihan yang kompeten seperti halnya penyelenggaraan melalui kerja sama dengan PT PMLI yang sudah terjalin sejak tahun 2021.


Hal ini sejalan dengan proyeksi kebutuhan pemanduan di wilayah perairan Indonesia salah satunya dengan telah ditetapkannya 151 wilayah perairan wajib pandu dan perairan wajib pandu luar biasa. “Sejak tahun 1971 hingga akhir tahun 2022, Ditjen Perhubungan Laut telah mencetak Pandu sebanyak 1.825 orang dan kami berkomitmen untuk terus mencetak Perwira Pandu Indonesia yang profesional, handal, dan berdaya saing di kancah internasional” tutur Capt. Antoni.


Lebih lanjut Beliau menyampaikan pentingnya penyelenggaraan pemanduan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan digitalisasi sebagai bentuk terobosan dan inovasi transformasi pelayanan publik secara online melalui Inaportnet dan SIPANDU yang dalam waktu dekat akan segera diintegrasikan.


Pada pelantikan tersebut, Capt. Antoni menyampaikan pesan khusus kepada para Pandu untuk menjadi Pandu yang CARE yaitu Pandu yang memiliki jiwa "Creative, Agile, Responsible, dan Empathy" kreatif dalam berpikir, tanggap, adaptif terhadap segala perkembangan zaman, bertanggung jawab serta memiliki empati persaudaraan dan jiwa korsa yang kokoh.


Dalam kesempatan yang sama juga Beliau memberikan apresiasi kepada pelaksana pelatihan dalam hal ini Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut dan PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia, juga kepada Indonesia Maritime's Pilot Association (INAMPA), atas kontribusinya mewadahi para Perwira Pandu dalam menjalankan tugas guna mendukung terciptanya keselamatan pelayaran dan perlindungan lingkungan maritim di seluruh perairan yurisdiksi Indonesia.



(Redaksi ISL News/Humas PMLI/email:islnewstv@gmail.com).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 92 orang Perwira Pandu yang dilantik Dirjen Perhubungan Laut, telah mengikuti rangkaian Diklat di PMLI Bogor selama 540 jam pelajaran

Terkini

Topik Populer