Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Terminal Petikemas Koja atau TPK Koja Terapkan Early Stack

18/04/23, 22:03 WIB Last Updated 2023-04-18T15:10:08Z



JAKARTA (ISL News)
Menjelang libur Hari Raya Idul Fitri 2023 yang disertai dengan peraturan pembatasan pergerakan trucking yang melayani kegiatan ekspor impor, Terminal Peti Kemas Koja, yang merupakan salah satu terminal peti kemas di kawasan Tanjung Priok, mencoba memberikan pelayanan kepada konsumen dengan mengizinkan peti kemas ekspor untuk dapat masuk lebih awal atau yang disebut dengan layanan early stack. 



“Pelayanan ini pasti akan memberikan efek kepada terminal berupa meningkatnya YOR (Yard Occupancy Ratio) ekspor dan impor selama libur lebaran ini,” ucap General Manager Terminal Peti Kemas Koja Indra Hidayat Sani.



Indra melanjutkan, untuk mengantisipasi efek dari layanan early stack dan pembatasan mobilisasi truk, ada beberapa strategi yang telah direncanakan TPK Koja di antaranya berkoordinasi dengan pihak shipping line untuk menginformasikan kepada importir agar segera menarik peti kemas mereka sebelum hari raya. Kemudian, berkoordinasi dengan pihak Bea Cukai untuk melakukan percepatan proses perizinan dokumen serta memanfaatkan Buffer Block (Blok Cadangan) yang ada di lapangan TPK Koja untuk meningkatkan kapasitas.



Selain itu, upaya yang dilakukan TPK Koja adalah memaksimalkan kapasitas lapangan impor dan memanfaatkan lapangan ekspor yang kemungkinan kosong akibat tidak ada kegiatan eksport selama menjelang dan setelah lebaran.



“TPK Koja juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait terutama depo-depo sekitar agar kegiatan PLP terus dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri hingga kondisi lapangan normal kembali,” lanjut Indra.

Beberapa strategi itu diharapkan dapat memaksimalkan YOR yang ada saat menjelang dan setelah Lebaran.



Sementara itu, pengamat pelabuhan, yang juga direktur The National Maritime Institute (Namarin) Siswanto Rusdi menilai langkah yang dilakukan pengelola terminal peti kemas Koja menerapkan early stack kontainer eksport patut diacungi jempol.



“Di saat mental publik terbebani dengan kebijakan pelarangan pergerakan truk karena arus mudik Lebaran 2023, penerapan early stack oleh manajemen TPK Koja memberi angin segar bagi pabrikan yang mencari cara bagaimana ekspor mereka tetap bisa masuk ke area pelabuhan. Memasukkan kargo ke dalam pelabuhan adalah kunci,” tambah Siswanto.



(Redaksi ISL News/email:islnewstv@gmail.com).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Terminal Petikemas Koja atau TPK Koja Terapkan Early Stack

Terkini

Topik Populer