Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

PT PMLI Kerjasama dengan Asosiasi Arsiparis Indonesia, Untuk Pengelolaan Arsip Customer

29/03/23, 14:47 WIB Last Updated 2023-03-29T07:48:18Z

 



BOGOR (ISL News) -
Rangkaian rekam jejak perusahaan serta segala aktivitas yang dilakukan sangat diperlukan sebagai salah satu dasar pembuatan arah kebijakan korporasi di masa depan. Sehingga upaya penataan arsip yang efektif dan efisien menjadi sangat penting sebagai bentuk pengemasan segala informasi baik yang dituangkan secara tertulis maupun tidak tertulis.


Di samping itu, pengelolaan dan penanganan arsip secara efektif dan sesuai standar dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) juga mutlak diperlukan sehingga harus ditangani oleh SDM yang kompeten dan sudah tersertifikasi. Aspek digitalisasi juga menjadi penting mengingat pergeseran arsip konvensional menjadi digital sudah menjadi keharusan dalam berbagai bidang.


Sebagai salah satu entitas bisnis di lingkungan Pelindo Grup, PT PMLI yang juga menangani pengelolaan arsip dalam bidang bisnisnya, memandang perlu untuk dapat memberikan pemahaman terkait pengelolaan dan penanganan arsip yang efektif melalui program pelatihan kearsipan terutama bagi para customer PT PMLI. Hal tersebut direalisasikan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) Jawa Barat pada 28 Maret 2023.


Dalam sambutannya, Direktur Utama PT PMLI Chiefy Adi Kusmargono menyampaikan bahwa keterbatasan SDM di berbagai korporasi yang khusus menangani arsip menjadi fenomena yang dapat menjadi peluang terciptanya value creation “Saat ini fenomena yang terjadi adalah begitu banyak perusahaan dan instansi dalam pengelolaan serta penataan arsipnya melibatkan pihak ke-tiga (outsource) baik pengelola maupun fasilitasnya, termasuk para customer PMLI juga demikian. Tentu ini menjadi satu hal yang membutuhkan perhatian sekaligus peluang baru yang bisa dimanfaatkan” ucap beliau.


Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa melalui kerja sama dengan AAI diharapkan dapat memberikan nilai tambah dan manfaat bagi ke dua belah pihak “Melalui kolaborasi PMLI dengan AAI ini saya berharap dapat memberikan nilai tambah melalui pengaplikasian pengelolaan dan penanganan arsip dimulai dengan peningkatan kapasitas SDM yang ada pada setiap unit kerja customer PT PMLI” pungkas beliau.


Sementara itu Ketua AAI Jawa Barat Febriadi menyampaikan pentingnya perubahan mindset dan peningkatan kompetensi arsiparis dalam pengelolaan dan penangan arsip “Hadirnya AAI saat ini bisa diintegrasikan dengan LSP untuk dapat memaksimalkan perubahan mindset para arsiparis sekaligus peningkatan kompetensi yang mutlak diperlukan, terlebih saat ini proses digitalisasi arsip menjadi sesuatu yang harus dilakukan” ujar beliau.


Kaitan dalam kerja sama ini beliau menambahkan akan menjadi atensi yang positif untuk segera ditindaklanjuti “Tentu kami berterima kasih atas kerja sama yang terjalin hari ini, dan hal ini akan menjadi atensi yang positif bagi kami untuk segera ditindaklanjuti. Selain itu kami kira hal-hal lain yang bisa dikerjasamakan bisa juga disepakati secara tertulis untuk dapat memberikan hal yang positif pada hari ini dan di masa depan nanti” tutupnya.


Adapun kerja sama yang terjalin antara PT PMLI dan AAI diantaranya penyusunan dan pelaksanaan program pelatihan dan sertifikasi profesi kearsipan dinamis, serta optimalisasi pemanfaatan fasilitas sebagai infrastruktur pendukung yang dimiliki oleh ke dua belah pihak. 


(Redaksi ISL News/Humas PMLI/email:islnewstv@gmail.com).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PT PMLI Kerjasama dengan Asosiasi Arsiparis Indonesia, Untuk Pengelolaan Arsip Customer

Terkini

Topik Populer