Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Agung Fitrianto GM Pelindo Regional 2 Banten Resmikan Command Center Layanan Pelabuhan

01/02/23, 10:01 WIB Last Updated 2023-02-01T03:11:04Z

 



BANTEN (ISL News) -
General Manager Pelindo Regional 2 Banten Agung Fitrianto meresmikan Command Center sebagai pusat informasi seluruh kegiatan operasional di pelabuhan, pada Selasa kemarin 31 Januari 2023.



Agung mengatakan, Command Center ini merupakan terobosan pelayanan Pelindo Regional 2 Banten kepada para stakeholder dan mitra bisnisnya yang beroperasi selama 24 jam non-stop dalam 7 hari seminggu dengan sistem layanan digital berbasis internet yang mengatur seluruh aktivitas kepelabuhan.


“Command Center ini jadi semacam pusat pengendali operasional kegiatan di pelabuhan. Mulai dari planning controlling reporting ini dilakukan di Command Center ini dan ini semuanya Real Time jadi kegiatan bongkar muat bisa diketahui kapal-kapal apa saja yang dibongkar muatannya, apa saja yang dibongkar kemudian sudah seberapa jauh muatan itu dibongkar kemudian berapa jumlah truk yang diperlukan itu semua ada secara detail,” ujar Agung.


Nantinya sistem ini akan menghubungkan antara petugas Pelindo Regional 2 Banten, stakeholder pelabuhan, dan mitra bisnis atau pemilik kapal dalam satu layanan. sehingga semakin mempermudah proses koordinasi di Pelabuhan.


Command Center sebagai pusat informasi seluruh kegiatan operasional di pelabuhan akan mendorong ketepatan perencanaan sandar dan bongkar muat kapal, mengurangi waiting time, serta meminimalisasi idle time dan not operation time, sehingga secara total akan menekan Turn Round Time.


“Kemudian juga ada namanya Marine Service disitu ada data data mengenai kapal yang di pandu nama pemandunya siapa kemudian permintaan pelayanannya jam berapa semua terecord secara real time,” katanya.


“Selain itu juga ada namanya traffic management. Traffic management ini untuk mengendalikan graviti pelabuhan kita dengan adanya monitoring ini ketahuan kendala di pelabuhan misal kemacetan di mana, nah dari situ kita segera mengambil langkah mulai eksekusi supaya tidak terjadi kemacetan kita bisa tahu juga di grafik manajemen ini kapal-kapal yang sandar nih kapal apa saja gitu kan dan hambatannya apa saja,” imbuhnya.


Di tempat yang sama, Kepala Kantor Bea Cukai Merak, Beni Novri mengapresiasi Pelindo Regional 2 Banten yang telah memanfaatkan teknologi untuk pengawasan aktivitas di pelabuhan.


Dia menilai dengan adanya Command Center ini akan berdampak positif bagi pengguna jasa layanan pelabuhan.


“Ini merupakan salah satu support untuk kinerja pelabuhan di mana pemerintah mengharapkan program di pelabuhan menerapkan sistem digitalisasi, nah ini bagian dari digitalisasi bahwa dengan Command Center ini segala pergerakan kapal, cuaca kemudian barang bisa terdeteksi di mana posisinya, jadi lebih transparans informasinya kepada agen, regulator maupun pihak-pihak kepentingan dan jika mengetahui apa kondisi barang dan kecepatan bongkar muat barang diketahui ini akan menuju suatu pelabuhan yang dikategorikan Pelabuhan modern,” kata Beni.


Senada disampaikan Wakil Ketua DPC INSA Banten Agus Dahlan, Organisasi yang mewadahi para perusahaan keagenan kapal asing yang beroperasi di Indonesia itu mengaku dengan adanya Command Center merasa lebih mempermudah dalam mengawasi pergerakan kapal.



“Kami sebagai pengguna jasa dalam artian kita sebagai asosiasi pelayaran di Banten dengan adanya Command Center ini sangat berguna dan memudahkan kita untuk monitoring setiap pergerakan kapal yang ada di Banten sehingga intinya dengan adanya launching peresmian Command Center ini bisa lebih membantu dan mempermudah para pengguna jasa,” tandasnya.


(Redaksi ISL News/Humas Pelindo Regional 2 Banten/email;islnewstv@gmail.com).  

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Agung Fitrianto GM Pelindo Regional 2 Banten Resmikan Command Center Layanan Pelabuhan

Terkini

Topik Populer