Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Terminal Petikemas Surabaya atau TPS Sambut 3 NEW SERVICE di awal tahun 2023

28/01/23, 08:56 WIB Last Updated 2023-01-28T01:57:24Z

 


SURABAYA (ISL News)
–  Mengawali tahun 2023, Terminal Petikemas Surabaya (TPS) sebagai salah satu anak perusahaan Subholding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP), kembali memperoleh kepercayaan untuk melayani 3 servis baru di bulan Januari 2023.


Servis baru yang pertama adalah China -  Malaysia – Indonesia (CMI) 2 service yang dioperatori oleh SITC dengan rute Jakarta – Semarang – Surabaya – Laem Chabang – Hochiminh – Batangas – Manila North – Nansha – Shekou.


Sekretaris Perusahaan TPS, Erika A. Palupi menyampaikan bahwa CMI2 service ini sebenarnya tidak benar-benar servis baru, mereka pernah hadir di TPS pada bulan Maret 2021 sampai dengan triwulan kedua 2022, yang kemudian kembali melanjutkan servisnya di Indonesia khususnya TPS pada tanggal 13 Januari 2023 kemarin.


Tidak hanya CMI2 servis saja, pada Minggu (22/1) lalu, TPS juga menyambut maiden call MV. Ever Chaste. Kapal tersebut membawa servis baru yakni Vietnam – Malaysia – Indonesia (VMI) service yang dioperatori oleh Evergreen dengan rute Haipong – Ho Chi Minh City – Port Klang Westport – Tanjung Pelepas – Jakarta – Semarang – Surabaya - Singapore – Tanjung Pelepas – Haipong.


Representative of Evergreen Surabaya, Derek Cheng, yang pada saat itu bersama Manajemen TPS menyambut kedatangan kapalnya di TPS, menyampaikan rasa senangnya dapat berkerjasama kembali bersama TPS dengan servis barunya. “Terima kasih TPS yang sudah mendukung kami, dan semoga TPS dapat selalu memberikan layanan terbaiknya, sehingga ke depan kerjasama ini dapat dilanjutkan dengan servis-servis baru lainnya”, ungkapnya.


Erika juga menyampaikan bahwa di bulan Januari 2023 ini telah hadir dua servis yang masuk di TPS, sementara servis baru yang ke-tiga akan hadir di akhir bulan Januari 2023.


Untuk servis baru berikutnya akan kami sampaikan detailnya nanti. Saat ini kami akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kami, baik untuk servis yang sudah ada saat ini maupun servis-servis baru berikutnya, sehingga kami  optimis bahwa target di 2023 yakni sebesar 1.390.853 TEUs akan tercapai”, imbuh Erika.


Adapun di tahun 2022, arus petikemas melalui TPS memang mengalami penurunan 3,5% dibanding tahun sebelumnya, dimana selama periode tahun 2023 tercatat sebanyak 1.366.196 TEUs, yang meliputi petikemas internasional mencapai 1.293.502 TEUs dan domestik sebesar 72.694 TEUs. Beberapa faktor yang diindikasi mempengaruhi penurunan ini yakni kebijakan lockdown yang masih berlaku beberapa kali di China pada periode tahun 2022, dan masih berlangsungnya ketegangan Rusia – Ukraina serta krisis ekonomi secara global.


Tetapi untuk market share petikemas di lingkungan Tanjung Perak, TPS masih mendominasi yakni 35% baik untuk internasional maupun domestik, sedangkan khusus untuk petikemas internasional mendominasi hampir 80% di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak.


Selama periode tahun 2022, TPS mencatat peningkatan kinerja bongkar muat, yakni pada angka 52,97 box/ship/hour, jauh di atas kinerja bongkar muat 48 box/ship/hour yang ditetapkan oleh Kementrian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak di Surabaya.


“Sepanjang 2022, kami telah medapatkan 4 servis baru, dan servis tersebut berkontribusi sebesar 107,363 TEUs atau 8% dari catatan arus petikemas TPS 2022”, tambah Erika.

(Redaksi ISL News/Corcom PT TPS/email:islnewstv@gmail.com).  

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Terminal Petikemas Surabaya atau TPS Sambut 3 NEW SERVICE di awal tahun 2023

Terkini

Topik Populer