Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Tiga Kapal Negara Siaga di Perairan Benoa Bali

14/11/22, 10:24 WIB Last Updated 2022-11-14T03:25:35Z



INDONESIA (ISL News, 14/11) -
Jelang KTT G20 yang akan diselenggarakan pada 15-16 November 2022 di Bali, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyiagakan 3 (tiga) kapal negara di perairan Benoa, Bali guna mendukung keselamatan dan keamanan kegiatan G20.


Ketiga kapal negara tersebut adalah 2 (dua) kapal negara Navigasi yaitu Kapal KN. Nusa Penida dan Kapal KN. Mizan serta1 (satu) kapal negara patroli KPLP, KNP. Chundamani.


“Kita siagakan 2 kapal navigasi, VTS dan SROP di Pelabuhan Benoa untuk monitoring keselamatan  pelayaran di Perairan Alur Benoa dan TSS Selat Lombok. Ditjen Hubla juga mengerahkan kapal KPLP yaitu KN.P Chundamani peningkatan pengawasan dengan melakukan patroli,” jelas Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha hari ini (14/11).


Selain itu, Ditjen Perhubungan Laut menyiapkan infrastruktur yang ada seperti VTS Distrik Navigasi Kelas II Benoa dan dermaga Pelabuhan Benoa menyambut kapal negara asing atau militer asing yang ingin berlabuh.


Ia menyebutkan bahwa kapal negara atau militer asing sebelum berlabuh di Pelabuhan Benoa, kapal-kapal tersebut harus melakukan pengisian data di aplikasi E-CAIT (Clearance Approval for Indonesian Territory).


Selain itu, dengan beroperasinya Pelabuhan Sanur yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dapat mempermudah delegasi-delegasi G20 yang ingin berkunjung ke Nusa Penida.


“Pelabuhan Sanur yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo tanggal 9 November 2022 lalu sudah beroperasi, para delegasi KTT G20 dan wisatawan yang ingin ke Nusa Penida sudah dapat dilayani melalui pelabuhan tersebut,” kata Arif.


Lalu, untuk memonitor setiap pergerakan, Ditjen Perhubungan Laut mendirikan Poskodal di Pelabuhan Benoa dimana KSOP Kelas II Benoa bertindak sebagai On Scene Comannder yang beranggotakan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di seluruh wilayah Bali dan sekitarnya serta Pangkalan PLP Tanjung Perak.


“Poskodal sudah ada di Pelabuhan Benoa, di Poskodal tersebut kita kumpulkan informasi-informasi yang penting dari seluruh UPT di wilayah Bali untuk kelancaran KTT G20,” tutup Arif.


(Redaksi ISL News/Humas HUBLA/email:islnewstv@gmail.com).


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tiga Kapal Negara Siaga di Perairan Benoa Bali

Terkini

Topik Populer