Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Pelabuhan Patimban Cari Mitra Untuk Mengelola Terminal Peti Kemas

25/10/22, 09:14 WIB Last Updated 2022-10-25T02:15:09Z

 



PATIMBAN JAWA BARAT -
Setelah terminal kendaraan sukses pengelolaannya, saat ini pemerintah bermaksud membangun terminal peti kemas di Pelabuhan Patimban Jawa barat.

Pemerintah telah menunjuk PT Pelabuhan Patimban Internasional (PPI) untuk mengoperasikan tahap I-1 dan tahap I-2 Pelabuhan Patimban. PPI mengoperasikan terminal kendaraan dan terminal peti kemas melalui Perjanjian Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dengan jangka waktu konsesi selama 40 tahun.

Saat ini, PPI sedang dalam proses memilih mitra strategis internasional untuk mengoperasikan terminal peti kemas tersebut. Selanjutnya PPI bersama mitra strategis terpilih nanti akan menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk mengoperasikan terminal peti kemas.

"PPI saat ini sedang dalam proses pemilihan mitra strategis internasional untuk bekerja sama mengoperasikan Terminal Peti Kemas untuk mensukseskan pengembangan Pelabuhan Patimban ke depannya. Beberapa mitra Internasional sudah menyatakan minat untuk bekerja sama dengan PPI untuk pengoperasian terminal peti kemas," Ujar Rizal, Direktur Utama PPI dalam keterangannya kepada Pers, Jumat (21/10/2022).

"Mitra strategis yang saat ini dalam proses seleksi adalah Perusahaan yang sudah memiliki pengalaman mengelola Pelabuhan Internasional dan juga Perusahaan perkapalan besar dengan network yang luas dan memiliki standar operasi Internasional," lanjut Rizal.

Seluruh infrastruktur Pelabuhan Patimban sendiri dibangun melalui kerjasama G to G antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jepang. Pemerintah Jepang melalui JICA (Japan International Cooperation Agency) memberikan pinjaman lunak yang digunakan untuk membangun Pelabuhan Patimban.

Selama ini dalam mengoperasikan terminal kendaraan PPI sendiri bekerja sama dengan anak perusahaan Toyota Tsusho Corporation, PT Patimban International Car Terminal (PICT). Hasilnya pun cukup meyakinkan, terminal kendaraan yang sejak bulan Desember 2021 dioperasikan itu, sampai September 2022 sudah melayani lebih dari 150.000 unit mobil dan alat berat untuk tujuan pasar ekspor, impor dan domestik.

Untuk terminal peti kemas sendiri direncanakan akan beroperasi di tahun 2024 dengan kapasitas terpasang di tahap I-1 sebesar 525.000 Teus. “Awal tahun depan akan dimulai pekerjaan pembangunannya untuk tambahan terminal kendaraan maupun terminal peti kemas.

Selain itu, akan dilakukan pekerjaan dregding untuk menambah kedalaman dari 10 meter menjadi 14 meter,” Pungkas Rizal.

(***/Redaksi ISL News/email:islnewstv@gmail.com).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pelabuhan Patimban Cari Mitra Untuk Mengelola Terminal Peti Kemas

Terkini

Topik Populer