Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

KEMENHUB Beri PEMBEKALAN Personil PEMADAMAN KEBAKARAN di PERAIRAN dan PELABUHAN

08/10/22, 10:28 WIB Last Updated 2022-10-08T03:29:48Z




JAKARTA (8/10)
– Direktorat Jenderal Perhubungan Kementerian Perhubungan terus berupaya untuk mengantisipasi musibah di dunia pelayaran. Kali ini melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) mengadakan Pembekalan Personil Pemadam Kebakaran di Perairan dan Pelabuhan yang berlangsung selama 5 (lima) hari tanggal 3 s.d. 7 Oktober 2022 di Jakarta.  


Direktur KPLP Capt. Mugen S. Sartoto mengungkapkan, dalam upaya menjamin kesiapan personil pemadaman kebakaran di perairan dan pelabuhan khususnya bagi personil KPLP dan UPT Ditjen Perhubungan Laut, Direktorat KPLP menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Personil Pemadaman Kebakaran untuk Tahun Anggaran 2022. 


Menurut Capt. Mugen, peningkatan arus pelayaran di Indonesia diikuti dengan peningkatan terjadinya resiko musibah pelayaran yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran kapal di perairan. Selain itu, dalam penyelenggaraan pengangkutan terutama melalui jalur perairan, juga disertai adanya resiko terjadinya musibah kecelakaan yang seringkali disertai adanya kebakaran khususnya di pelabuhan. 


“Untuk itu diperlukan tindakan yang cepat, tepat, aman, terpadu dan terkoordinasi dalam menangani kebakaran di perairan maupun pelabuhan,” ujarnya. 


Ia menambahkan, penanganan kebakaran juga harus dilakukan dengan cara merawat alat pemadam kebakaran agar fasilitas yang dimiliki dapat mendukung dalam menangani kebakaran. 


“Semoga kegiatan pembekalan ini dapat memberikan manfaat bagi para personil KPLP dan UPT dalam menjalani tugas dan tanggung jawab terutama apabila kita dibutuhkan pada kejadian musibah pelayaran,” tutup Capt. Mugen.


Dalam pembekalan kali ini, para peserta mendapatkan pemaparan dan penjelasan dari para narasumber dan praktisi di bidang pemadaman kebakaran serta praktik langsung agar para personil dapat lebih optimal dalam menangani tindakan untuk penanganan kebakaran di wilayah masing-masing.   


(Sefti/Redaksi ISL News/email:islonewstv@gmail.com). 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KEMENHUB Beri PEMBEKALAN Personil PEMADAMAN KEBAKARAN di PERAIRAN dan PELABUHAN

Terkini

Topik Populer