Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Pelindo Jasa Maritim atau SPJM Lakukan Kegiatan Konservasi Lingkungan Laut di Bunaken

26/08/22, 16:07 WIB Last Updated 2022-08-26T09:09:24Z

 



MAKASSAR (ISL News) -
PT Pelindo Jasa Maritim, yang merupakan perusahaan Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero), turut mengambil bagian dalam Konservasi Lingkungan Laut di Bunaken, Sulawesi Utara, yang merupakan program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) perusahaan di bawah Pelindo Group. Kegiatan ini digelar bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 pada tahun ini.




Direktur Utama Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM), Prasetyadi mengatakan, kegiatan TJSL yang dilakukan juga merupakan rangkaian “Bakti BUMN untuk Indonesia” dengan melakukan konservasi lingkungan laut dan fauna. Hal tersebut bertujuan untuk melakukan pelestarian lingkungan yang berfokus pada area sesuai dengan klaster industri perusahaan. Pelaksanaan kegiatan ini juga tidak lepas dari peran Pelindo Group dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai agenda pembangunan dunia untuk keselamatan manusia dan planet bumi.

 

Ada beragam kegiatan yang dilakukan mulai 14 hingga 17 Agustus di Pulau Bunaken, Sulawesi Utara, mulai dari Penanaman Terumbu Karang, Konservasi Penyu, Penanaman Pohon, Bersih-bersih Pantai, Pengecatan Rumah Warga, Edukasi Lingkungan, hingga puncaknya yaitu Upacara Bendera di pesisir pantai dan di dalam laut Bunaken pada 17 Agustus lalu.

 

“Sebagaimana Pelindo Holding menyampaikan, kegiatan ini lebih banyak menekankan pada 3 (tiga) hal mendasar, yaitu bagaimana menanamkan nilai, budaya, dan aturan dalam masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan melestarikan habitat laut. Selanjutnya ada konservasi untuk menjaga ekosistem tetap seimbang seperti pada kegiatan konservasi penyu, serta edukasi untuk kemandirian UMKM, “ terangnya.

Dirut SPJM menyebutkan, ada tiga fokus program TJSL BUMN yaitu pendidikan, lingkungan dan pengembangan UMK atau Usaha Mikro dan Kecil.

 

Sekretaris Perusahaan SPJM, Diani V. A. Nangkah menjelaskan, kegiatan yang mengusung tema "Konservasi Lingkungan Laut" tersebut melibatkan sebanyak 30 orang relawan yang merupakan kolaborasi relawan BUMN, Pelindo Muda dan Mutiara Pelindo.

 

“Yaitu terdiri dari 15 relawan dari Pelindo Muda, 5 orang relawan dari Mutiara Pelindo dan 10 orang relawan dari hasil seleksi Kementerian BUMN yang berasal dari beberapa perusahaan BUMN di Indonesia,” urai Diani.

 

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut terlebih dahulu dilakukan sosialisasi kepada para relawan untuk menanamkan nilai, budaya dan aturan dalam masyarakat untuk  menjaga kebersihan lingkungan dan melestarikan habitat laut.

Selanjutnya dilakukan konservasi, merevitalisasi kembali habitat yang mulai punah sehingga berkontribusi menjaga keseimbangan ekosistem.

 

Dalam Sustainable Development Goals yang disingkat dengan SDGs atau Global Goals adalah 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia pembangunan untuk keselamatan manusia dan planet bumi. Di mana pelaksanaan TJSL SPJM yang dilakukan di Pulau Bunaken adalah dengan mempertimbangkan aspek dampak dengan sasaran SDG 11, 12, 14, 15 dan 17.

 

Muhammad Ikbal, salah satu relawan Pelindo Muda mengungkapkan rasa syukurnya karena masih bisa terlibat dalam kegiatan konservasi lingkungan laut. “Saya bersyukur dilibatkan dalam kegiatan “Bakti BUMN untuk Indonesia” di Bunaken dan bersama rekan milenial lainnya melakukan hal yang bermanfaat dan bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ujarnya.

 

(Redaksi ISL News/Humas SPJM/email:islnewstv@gmail.com).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pelindo Jasa Maritim atau SPJM Lakukan Kegiatan Konservasi Lingkungan Laut di Bunaken

Terkini

Topik Populer