Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Kapal Tol Laut Distribusikan 1,3 Juta Liter Minyakkita ke Maluku hingga papua

11/08/22, 20:36 WIB Last Updated 2022-08-11T13:42:22Z

 



JAKARTA TANJUNG PRIOK (ISL News)
– Kamis siang (11 Agustus 20922), Menteri Pedagangan RI melepas MINYAKITA sebanyak 1.200 ton atau sekitar 1,3 juta liter menggunakan kapal tol laut, untuk didistribusikan ke wilayah Maluku hingga Papua.


Dalam sambutannya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyampaikan, untuk wilayah Indonesia Timur, harga minyak goreng curah memang masih bervariatif berkisar Rp17.000 hingga Rp19.000 per liter.Makanya, perlu intervensi agar harga minyak goreng di kawasan itu bisa sama dengan daerah lainnya yakni Rp14.000 per liter.


Dan dengan kapal tol laut bisa menekan biaya logistik. Sebab, kata Zulhas, distribusi ke wilayah Indonesia timur memang sangat mahal.


“Perlukan intervensi, saya terima kasih kepada Pak Menhub (Budi Karya Sumadi), kita pakai jalur tol laut. Dengan ini transportasi jadi ringan, karena untuk pengiriman jauh ke timur ini kan yang mahal transportnya,” katanya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara,  Kamis (11/8).


Menurut Mendag, dengan kerja sama antara Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perhubungan melalui tol laut, maka masyarakat di wilayah Indonesia Timur bisa menikmati minyak kemasan sederhana atau Minyakita dengan harga Rp14.000 per liter.


“Hari ini kita kapalkan kurang lebih 1.200 ton kita-kira 1,3 juta liter. Rinciannya ke Papua, Papua Barat kemudian Maluku, Kupang, Merauke dan Timika,” ujarnya.


Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tol laut terus memberikan perannya karena bisa mendistribusikan Minyakita ke Indonesia timur. Dengan tol laut, harga minyak goreng bisa sesuai HET Rp14.000 per liter.


“Kami mengapresiasi apa yang dilakukan Kementerian Perdagangan, industri dan juga teman-teman yang di bidang tol laut karena satu keniscayaan presiden ingin disparitas harga timur dan barat harus dibuat tidak ada. Sehingga minyak goreng Rp14.000 ini bisa dinikmati atau dibeli oleh masyarakat,” kata Menhub.


Seperti diketahui, berdasarkan Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan di 216 pasar di seluruh Indonesia, harga minyak goreng curah secara rata-rata untuk Pulau Jawa dan Bali per 10 Agustus 2022 sebesar Rp 12.929 per liter, turun lebih dari 4,68 persen jika dibandingkan bulan lalu.


Provinsi lain seluruhnya menunjukkan tren penurunan dengan rincian rata-rata harga untuk wilayah Sumatera Rp 13.151 per liter, Kalimantan Rp 13.804 per liter, Sulawesi Rp 13.586 per liter, serta Maluku dan Papua sebesar Rp 18.271 per liter.


Sampai dengan 10 Agustus 2022 terdapat sebanyak 111 perusahaan telah mendapatkan persetujuan penggunaan merek MINYAKITA dari Kementerian Perdagangan dan akan terus bertambah mengingat animo perusahaan terhadap pelaksanaan program ini yang baik. Kementerian Perdagangan telah melakukan peluncuran Program MGCR dengan menggunakan merek MINYAKITA pada 6 Juli 2022


(Redaksi ISL News/email;islnewstv@gmail.com).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kapal Tol Laut Distribusikan 1,3 Juta Liter Minyakkita ke Maluku hingga papua

Terkini

Topik Populer