Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

PELINDO REGIONAL 2 Tanjung Priok TERIMA KUNJUNGAN Menteri PERTANIAN RI di Pelabuhan Tanjung PRIOK

11/06/22, 10:45 WIB Last Updated 2022-06-11T03:46:10Z

 



JAKARTA (ISL News, 10 Juni 2022)
– Pelindo Regional 2 Tanjung Priok terima kunjungan Menteri Pertanian RI dalam rangka tinjauan pelaksanaan proses karantina terhadap ternak yang masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok secara langsung di dermaga 108 Pelabuhan Tanjung Priok, turut dalam rombongan Sekjen Kementerian Pertanian RI Dr. Ir Kasdi Subagyono, M.Sc, dan Jajaran Pejabat Kementan RI.


Rombongan diterima oleh Regional Head 2 Pelindo Guna Mulyana, Kepala BBKP Tanjung Priok, Hasrul, S.P, M.P, Kepala Kantor Kesyabandaran Utama Tanjung Priok Ir. Andi Hartono, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana, General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok M. Hadi Syafitri Noor, serta undangan yang terkait.


Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pertanian RI tinjau langsung kunjungan kapal KM. Camara Nusantara I yang melakukan kegiatan bongkar kapal Sapi dari Nusa Tenggara dengan jumlah 550 ekor sapi yang diangkut melalui program tol laut untuk kebutuhan kurban di Pulau Jawa khususnya JABODETABEK.


“Melalui pelabuhan Tanjung Priok kita akan berturut-turut menerima kiriman hewan sapi dari daerah hijau, daerah tanpa PMK. Hari ini KM. Camara Nusantara 1 yang baru saja tiba  membawa 550 ekor sapi potong, “ ujar Mentan RI.


Hewan ternak yang dikirim sudah mendapat tindakan karantina guna memastikan sapi, yang merupakan salah satu Hewan Rentan PMK (HRP) ini sehat, aman dan bebas PMK. Selain itu telah memiliki Sertifikat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang dikeluarkan oleh Dinas Peternakan daerah serta Sertifikat Kesehatan Hewan dari Karantina Pertanian di tempat asal agar dipastikan benar-benar sehat dan bebas dari PMK.


Mentan RI juga menambahkan “Jadi ini sangat serius kita tangani, kita tidak boleh menganggap ringan. Setelah melalui 14 hari masa karantina di daerah asal untuk menjamin keamanan dan kesehatan HRP, bebas PMK, kita juga menyiapkan dokter hewan yang diperbantukan naik ke kapal untuk mengecek kesehatan hewan di kapal, “ ungkapnya.


Kementerian Pertanian tengah berupaya mendatangkan 3 juta dosis vaksin darurat untuk menanggulangi dan menekan penyebaran PMK, 3 juta dosis vaksin PMK yang akan didatangkan tersebut berasal dari Perancis, Australia, Brazil dan Selandia Baru. Estimasi kedatangan vaksin di tahap pertama adalah minggu kedua Juni 2022.


Pelindo Regional 2 Tanjung Priok akan terus melakukan sinergi bersama dalam menunjang kelancaran distribusi barang di Pelabuhan Tanjung Priok, dan mendukung program dari Pemerintah bersama Kementerian Pertanian dalam memastikan keamanan bongkaran sapi yang memenuhi kriteria sehat, aman dan bebas PMK.


(Redaksi ISL News/Humas Pelindo Regional 2 Tanjung Priok).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PELINDO REGIONAL 2 Tanjung Priok TERIMA KUNJUNGAN Menteri PERTANIAN RI di Pelabuhan Tanjung PRIOK

Terkini

Topik Populer