Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Pelindo Marines Galang Kolaborasi Tepis Abrasi di Pesisir Pantai Semarang

18/12/21, 08:29 WIB Last Updated 2021-12-18T01:34:08Z

 


SEMARANG (ISL News) –
Pelindo Marines mengajak berkolaborasi beragam komunitas dalam aksi Mariners Peduli untuk mengurangi dampak abrasi di kawasan pesisir utara, Semarang, Jumat (17/10/2021). Komunitas tersebut di antaranya yaitu dua startup, Bersukaria Tour di bidang wisata dan Rapel ID di bidang pelestarian lingkungan. Kemudian juga didukung oleh National Geographic Indonesia bersama kelompok nelayan lokal, KUB Armada Laut.

 


Kolaborasi aksi Mariners Peduli lingkungan memberikan bibit bakau kepada kelompok nelayan, sekaligus peduli sosial dengan mengedukasi warga, tentang adanya manfaat ekonomi atas potensi wisata setempat dan dari pemilahan sampah. "Kami senang sekali ibu-ibu di kampung relokasi nelayan Semarang ini antusias mengikuti (sesi edukasi). Semoga kelak pelestarian lingkungan dan pengelolaan sampah yang memberikan manfaat ekonomi bisa menjadi kolaborasi yang berkelanjutan bagi warga," kata Plt. Direktur Utama Pelindo Marines, Kartiko Adi, usai memberikan sambutan acara.

 

Peringatan HUT Pelindo Marines yang ke-10 atau 1 dekade yang pertama dari usia anak perusahaan BUMN Pelindo tersebut mengusung tema 'Dekade Kolaborasi'. Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Pelindo Marines Lia Indi Agustiana mengungkapkan semangat kolaborasi para mariners (sebutan pegawai Pelindo Marines) termotivasi dari kolaborasi kebaikan kepada sosial masyarakat dan lingkungan (TJSL/CSR), yang kemudian menjadi semangat kolaborasi untuk turut mengakselerasi terwujudnya mimpi besar integrasi Pelindo yang baru merger.

 

Editor In Chief National Geographic Indonesia, Didi Kaspi Kasim, yang turut hadir menambahkan, bahwa perubahan iklim dan pandemi membuat persoalan generasi kini semakin unik dan pelik. "Namun saya yakin, kemampuan adaptif kitalah yang akan membawa kita keluar dari kesulitan. Inovasi dan berkolaborasi sangat dibutuhkan umat manusia kini. Kolaborasi Pelindo Marines, Bersukaria, Rapel ID, tentunya kelompok nelayan dan warga,  serta bersama media merupakan satu upaya  bersama untuk mengakselerasi terjadinya sudut pandang baru dan solusi-solusi masa depan," tegasnya.

 

Ketua KUB Armada Laut, Ahmad Marzuki, menyambut baik adanya kolaborasi berbagai pihak yang hadir langsung dan berupaya membuka pemahaman warga atas adanya potensi ekonomi dari pelestarian lingkungan, yakni wisata dan pemilahan sampah. "Semoga dengan kolaborasi dari banyak pihak ini, warga menjadi yakin dan mau mulai sedikit demi sedikit untuk lebih menjaga lingkungannya. Karena keluarga dan anak kami sendiri yang hidup di lingkungan ini. Apalagi adanya manfaat secara ekonomi bisa lebih memotivasi warga," katanya.

 

Fauzan Mawardi dari Bersukaria menyebutkan, adanya abrasi di pesisir utara Semarang mengkhawatirkan banyak pihak. Termasuk para pegiat wisata, karena potensi wisatanya besar. "Harapannya bakau-bakau ini kelak menjadi perisai yang menepis abrasi. Edukasi pemilahan sampah membuat warga memiliki alternatif untuk memanfaatkan sampah plastik yang rutin datang tak diundang ke lingkungannya bersama hempasan air pasang laut," imbuhnya.


(Red. ISL News/Corcom Pelindo Marines).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pelindo Marines Galang Kolaborasi Tepis Abrasi di Pesisir Pantai Semarang

Terkini

Topik Populer

Iklan layanan ISL 4 media grup