Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

PELINDO Cabang Tanjungpandan SOSIALISASI Layanan AUTO Collection dan DEDICATED Dermaga

23/12/21, 07:03 WIB Last Updated 2021-12-23T00:05:07Z

 


TANJUNGPANDAN (ISL News) -
Pelabuhan Indonesia atau pelindo Regional 2 cabang Tanjungpandan mulai sosialisasikan layanan auto collection untuk pembayaran jasa kepelabuhanan guna tingkatkan layanan kepada pengguna jasa kepelabuhanan dalam sistem pembayaran oleh pengguna jasa/pelanggan.

 

General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan, Hambar Wiyadi  dalam acara BRI Business Gathering Bersama Eksportir Cluster Bangka Belitung, di Hotel BW Suite, Harei Rabu kemarin , 22 Desember 2021.

 

“Sistem pembayaran auto collection dalam upaya untuk mempermudah sistem pembayaran jasa kepelabuhanan.  Dimana saat ini untuk sistem pembayaran di Pelabuhan Tanjungpandan menggunakan sistem CMS (Cash Management System) dimana pihak pengguna jasa harus memiliki uang deposit bank yang ditunjuk untuk mengcover asumsi/estimasi atas biaya yang dikeluarkan oleh pengguna jasa untuk pembayaran atas jasa kepelabuhanan setelah nota terbit dilakukan pendebatan melaui sistem CMS atas sejumlah biaya yang dibayarkan oleh pelanggan dan selanjutnya pelanggan harus menjaga kecukupan saldonya,” jelas GM Hambar Wiyadi.

 

Diharapkan dengan sistem auto collection ini pendebetan dilakukan berdasarkan biaya atas kegiatan pelayanan jasa kepelabuhanan yang akan dilakukan oleh pengguna jasa. Pelanggan hanya menjaga saldo kecukupan atas kegiatan pelayanan jasa kepelabuhanan yang akan dilakukan saja.

 

“Disamping peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa dalam sistem pembayaran melalui outo collection, untuk peningkatan kinerja, produktivitas dan performansi pelabuhan akan mengimplementasikan clusterisasi dermaga melalui dedicated dermaga (petikemas, multipurpose, bbm/bbg dan penumpang) berdasarkan jenis cargo yang dibongkar/muat berdasarkan pada standar kinerja pelayanan operasional Pada Tanjungpandan berdasarkan pada Surat Keputusan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuban Kelas V Tanjungpandan Nomor: 08/1/1/KSOP.Tpdn-2018, Tanggal 11 Oktobwr 2018,” Uangkap Gm Hambar Wiyadi.

 

Untuk kesiapan dedicated terminal ini, kata GM Hambar Wiyadi,  telah dilakukan persiapan re-layout terminal, installment temporary marking, rminalsigned traffic, implementasi gate system Lini I dan Lini II, signed/rambu HSSE, improvement ICT, CCTV, facilities handheld, untul selanjutnya dilakukan facilities completed yanf didukung dengan handling equipment di terminal sesuai jenis cargo/baranf yang ditanganinya.

 

”Diharapkan dengan transformasi sistem layanan inu, akan mampu peningkatan kinerja/produktivitas dan performansi pelabuhan yang pada akhirnya akan menurunkan cost logistic serta mampu mendorong pelaku usaha di Belitung dalam menunjang ekspor di pasar internasional,” lanjut GM Hambar Wiyadi.

 

Forum BRI Business Gathering bersama eksportir cluster Bangka Belitung tersebut, dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Bupati Belitung, Sahani Saleh, Perwakilan Bank Indonesia Pangkal Pinang,  BRI Regional CEO Palembang, Anto Ariyanto, Pemimpin BRI Cabang Tanjungpandan, Yanri Eka Putra, Kepala Kantor Bea Cukai Tanjungpandan, Jery Kurniawan.


(Red. ISL News/Humas Pelindo Rewgional 2 Cabang Tanjungpandan).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PELINDO Cabang Tanjungpandan SOSIALISASI Layanan AUTO Collection dan DEDICATED Dermaga

Terkini

Topik Populer