Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Latihan bersama Tiga negara, KPLP Indonesia Sea And Coast Guard, Kapal Patroli KN. Trisula - P.111 dilepas ke Filipina

07/06/24, 18:10 WIB Last Updated 2024-06-08T01:20:20Z




JAKARTA (ISL News) -
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat KPLP (Indonesia Sea and Coast Guard) dengan bangga melepas Kapal Negara Patroli Trisula P-111 yang  melaksanakan tugas luar negeri  dalam latihan bersama 3 negara Indonesia Jepang dan Filipina regional Marpolex 2024 di Bacolod City, Filipina. Acara pelepasan dipimpin  oleh Dirjen Hubla yang diwakili oleh Direktur KPLP, Jon Kenedi, M.Mar.Eng., M.M., sebagai inspektur apel . Turut hadir para kepala Pangkalan Penjagaan Laut Dan Pantai seluruh Indonesia, dan pejabat struktural serta stakeholder. pelepasan kapal KN. Trisula tersebut turut disaksikan oleh anggota U.S Coast Guard dari divisi Maritime Security Response Team (MSRT). 


Latihan regional Marpolex 2024 yang akan berlangsung dari tanggal 24 hingga 28 Juni 2024 di Filipina ini merupakan latihan tahunan yang bertujuan untuk melatih dan mengasah kemampuan negara-negara maritim di kawasan Asia dalam menanggulangi pencemaran di laut sesuai dengan Annex Regional Marpolex.


Dalam sambutannya, Direktur KPLP Sea and Coast Guard, Jon Kenedi, menyampaikan pesan penting kepada komandan dan seluruh Crew KN Trisula P-114. “Pada kesempatan ini saya juga ingin berpesan kepada komandan dan seluruh Crew KN Trisula yang akan bertolak ke Filipina, jaga diri dan kapal kalian agar selalu dalam keadaan aman dan selamat. Berikan performa terbaik saat melaksanakan latihan regional Marpolex nanti,” ujar Jon Kenedi. 

Sejalan dengan arahan Direktur KPLP, Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok, Dr. Triono, juga menyampaikan pesan kepada crew KN Trisula. “Kami bangga dengan keikutsertaan KN Trisula dalam latihan Marpolex ini. Latihan ini adalah kesempatan emas untuk menunjukkan kemampuan dan profesionalisme kita. Saya yakin kalian akan memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama Indonesia,” kata Dr. Triono


KN Trisula P-114 merupakan satu-satunya kapal patroli dari Negara Indonesia yang ditugaskan untuk mengikuti latihan bertaraf Internasional  dengan memiliki spesifikasi kapal Marine Disaster Prevention (MDP). Keikutsertaan KN Trisula P-111 dalam latihan regional Marpolex 2024 bukan hanya mewakili instansi KPLP Indonesia Sea and Coast Guard, namun juga membawa nama Indonesia di kancah internasional. Hal ini menunjukkan komitmen Indonesia dalam menjaga  keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan dilingkungan maritim, serta mempererat kerjasama dengan negara-negara maritim lainnya di kawasan Asia.


Latihan Marpolex 2024 ini diharapkan dapat meningkatkan dan mempertahankan kemampuan KPLP Sea And Coast Guard dengan tujuan untuk menguji dan mengevaluasi kemampuan Negara Maritim sebagai mandatory regulasi internasional IMO tentang Marpol dalam merespon keadaan darurat tumpahan minyak dilaut.


(Redaksi ISL News/Humas PLP kelas 1 Tg. Priok). 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Latihan bersama Tiga negara, KPLP Indonesia Sea And Coast Guard, Kapal Patroli KN. Trisula - P.111 dilepas ke Filipina

Terkini

Topik Populer