Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Pelabuhan PANJANG BANDAR LAMPUNG Gelar SIMULASIKAN Penanggulangan TUMPAHAN MINYAK di Perairan PELABUHAN

31/07/23, 07:40 WIB Last Updated 2023-07-31T00:41:53Z

 



BANDAR LAMPUNG (ISL News)
– Pada kamis kemarin, 27 Juli 2023, berlokasi di area perairan Pelabuhan Regional 2 Panjang tim Penanggulangan Pencemaran Tumpahan Minyak Pelindo Regional 2 Panjang didampingi tim Oil Spill Combat Team (OSCT) melakukan simulasi penanggulangan tumpahan minyak.


Simulasi ini digelar dalam rangka meningkatkan kesadaran terhadap aspek keselamatan kerja dan kesiapan dalam menghadapi keadaan darurat, berdasarkan Permenhub Nomor PM 58 Tahun 2013 tentang Penanggulangan Pencemaran di Perairan dan Pelabuhan, Peraturan Menteri Perhubungan No PM 39 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perhubungan No PM 58 tahun 2013 tentang Penanggulangan Pencemaran di Perairan dan Pelabuhan serta Surat Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia Nomor : S164/S.MBU.B/06/2023 Tentang Penanggulangan Pencemaran di Perairan dan Pelabuhan.


Kegiatan simulasi itu dipimpin oleh DGM Kepatuhan Bisnis Iwan Sanjaya yang mewakili General Manager Pelindo Regional 2 Panjang Imam Rahmiyadi didampingi Senior Marketing Oil Spill Combat Team (OSCT) Indonesia Ghema Prakoso.


Dalam penyampaiannya DGM Kepatuhan Bisnis menerangkan bahwa simulasi ini merupakan latihan kesiapsiagaan tim dalam penanggulangan pencemaran laut.


“Jadi, jika terjadi tumpahan minyak di laut karena kecelakaan kapal maupun insiden lainnya, kita sudah siaga dan siap melakukan penanggulangan dimaksud. Pada latihan yang seolah dibuat nyata inilah kemampuan tim penanggulangan tumpahan minyak Pelindo Regional 2 Panjang akan diuji,” Ujar Iwan Sanjaya.


Senada yang disampaikan Senior Marketing OSCT Indonesia. Dikatakan bahwa simulasi ini agar  bagaimana semua pihak terkait dapat bekerja sama dengan baik mengatasi keadaan tanggap darurat kecelakaan dan tumpahan minyak di laut, baik dari segi mekanisme prosedur, alur komando, komunikasi, penyampaian informasi.


Dikesempatan yang berbeda General Manager Pelindo Regional 2 Panjang Imam Rahmiyadi menyampaikan tentang pentingnya kegiatan ini mengingat hal ini sebagai salah satu pemenuhan mandatory yang harus dimiliki oleh perusahaan BUP dimana hal tersebut diatur didalam perundang-undangan.


“Kami memiliki tim yang disiapkan untuk mengangani hal hal yang berkaitan dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta penanganan, penanggulangan antisipasi sekaligus mitigasi resiko pencemaran lingkungan perairan di area Pelabuhan Regional 2 panjang,” Ungkap GM Imam Rahmiyadi.


Dikatakan, simulasi Penanggulangan Pencemaran Tumpahan Minyak kali ini, merupakan simulasi yang dilakukan khusus bagi pekerja dilingkungan Pelindo Regional 2 Panjang, dimana nantinya simulasi ini akan dilakukan dengan melibatkan stakeholder terkait di Pelabuhan Regional 2 Panjang. “Dan direncanakan kegiatan Penanggulangan Pencemaran Tumpahan Minyak ini dilakukan secara periodik sehingga ke depannya kita mendapatkan hasil SDM yang terampil dan terbiasa dalam menghadapi keadaan darurat khususnya PPTM ini,” tambah GM  Imam Rahmiyadi.


(Redaksi ISL News/Humas Pelindo Regional 2 Panjang).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pelabuhan PANJANG BANDAR LAMPUNG Gelar SIMULASIKAN Penanggulangan TUMPAHAN MINYAK di Perairan PELABUHAN

Terkini

Topik Populer