Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

DITJEN Perhubungan Laut GELAR Pelatihan Para PENYELAM KPLP, Untuk PERKUAT Pengawasan BAWAH AIR

21/09/22, 13:28 WIB Last Updated 2022-09-21T06:31:13Z

 



JAKARTA (ISL News) -
Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) berupaya untuk selalu meningkatkan keterampilan para petugas dalam memberikan pengamanan dan pengawasan terhadap kegiatan salvage dan bangunan dan instalasi di perairan sehingga keselamatan dan keamanan pelayaran terjamin.

 

Oleh karena itu, KPLP secara rutin melaksanakan evaluasi dan kegiatan Peningkatan Keterampilan Penyelam KPLP Bidang Salvage Dan Pekerjaan Bawah Air seperti yang dilaksanakan saat ini di Jakarta, pada 19 September - 1 Oktober 2022.

 

Direktur KPLP, Capt Mugen Sartoto dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan bahwa kegiatan pengawasan tidak hanya dilakukan di atas air, melainkan di bawah air juga. Sehingga pelatihan ini sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas SDM.

 

"Kami menyadari bahwa kegiatan bidang Salvage dan Pekerjaan Bawah Air tidak hanya dalam bidang penyelaman, namun masih diperlukan ketrampilan tambahan antara lain keterampilan Hidrografi, Under Water Survey, Cutting dan Welding Under Water, Bouyancy/ Refloating, Dismantling, Survey, Maintenance, Repair dan lain-lain," ujar Capt Mugen.

 

Kegiatan salvage adalah pekerjaan untuk memberikan pertolongan  terhadap kapal dan/atau muatannya yang mengalami kecelakaan kapal atau dalam keadaan bahaya diperairan termasuk mengangkat kerangka kapal atau rintangan bawah air atau benda lainnya sedangkan pekerjaan bawah air adalah pekerjaan yang berhubungan dengan instalasi, konstruksi atau kapal yang dilakukan di bawah air dan/atau pekerjaan di bawah air yang bersifat khusus yaitu penggunaan peralatan bawah air yang dioperasikan dari permukaan air.

 

Kegiatan salvage atau pekerjaan bawah air dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia yaitu lokasi kejadian kecelakaan kapal dan/atau pembangunan peningkatan infrastruktur bawah air (kabel bawah laut, pipa bawah laut dan kabel saluran udara).

 

Untuk itu, menurut Capt Mugen, kecakapan penyelaman pada hakekatnya merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki untuk pengembangan kegiatan-kegiatan tersebut.

 

"Saya meminta agar para peserta dapat mengikuti rangkaian kegiatan untuk menghasilkan satu tujuan dari kegiatan peningkatan keterampilan penyelam baik bagi diri sendiri maupun untuk institusi," ujarnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Kasubdit Penanggulangan Musibah dan Pekerjaan Bawah Air Dit. KPLP, Een Nuraini Saidah mengungkapkan peserta pelatihan sebanyak 30 orang yang berasal dari Unit Pelaksana Teknis Ditjen Hubla.

 

"Materi pelajaran peningkatan keterampilan KPLP bidang salvage dan PBA terdiri dari teori di ruang kelas selama 4 (empat) hari, evaluasi 1 (satu) hari, praktek kolam 3 (tiga) hari dan praktek di laut  selama 3 (tiga) hari yang akan direncanakan di Pulau Pramuka," ungkap Een.

 

Adapun beberapa materi yang diberikan kepada peserta yaitu teknis penyelaman dasar; pengetahuan penyelaman dasar; pengetahuan   penyelaman yang aman; pengetahuan teknis peralatan selam; pengetahuan teknis  peralatan salvage dan pekerjaan bawah air; dan pengetahuan teknis pemeliharaan peralatan selam.

 

Sebagai informasi, kegiatan pelatihan ini menghadirkan pembicara/narasumber Bapak Buyung Lalana sebagai Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Antar Lembaga, Ketua DPD Asosiasi Penyelam Salvage dan Pekerjaan Bawah Air Indonesia (APSPBAI), Ketua Umum Perkumpulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dalam Air (PK3DAI) serta Tim Instruktur Penyelam.

 

(Redaksi ISL News/Humas HUBLA /email:islonewstv@gmail.com).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DITJEN Perhubungan Laut GELAR Pelatihan Para PENYELAM KPLP, Untuk PERKUAT Pengawasan BAWAH AIR

Terkini

Topik Populer