Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Aptrindo dan Anguspel Naikkan Ongkos Angkut Kontener dan Cargo Umum Sebesar 20 Persen Lebih

10/09/22, 10:58 WIB Last Updated 2022-09-10T04:06:21Z



JAKARTA UTARA
- Pengusaha truk kontainer di seluruh Indonesia yang tergabung dalam Organda Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) dan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), kompak menaikkan ongkos angkutan kontainer maupun non kontainer sebesar antara 20 s/d 30 persen.

Hal itu dilakukan mereka, menyusul naiknya BBM subsidi (solar) dari Rp 5.150 menjadi Rp 6.800 mulai tanggal 3 September 2022 lalu.

Bahkan para ketua seperti Organda Angsuspel Panjang (Fahruddin Tandjung), lalu H. A. Zamzani, Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Lampung, dan Ketua GINSI dan GPEI Lampung, M. Yusuf Kohar, menandatangani kesepakatan menaikkan ongkos angkut kontainer dari dan ke pelabuhan Panjang sebesar 17%.

Sedangkan Gemilang Tarigan, Ketua Umum Aptrindo melalui suratnya kepada anggota di seluruh Indonesia memutuskan menaikkan sebesar 21 – 25 persen.

“Untuk truk kecil (4 ban) naik 21%, truk sedang (6 ban) naik 23%, dan truk besar (6 ban lebih) naik 25%,” kata Tarigan kepada Ocean Week, Rabu sore.

Sementara itu, di pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Organda Angsuspel sepakat menaikan tarif antara 25 – 30 persen.

“Tentang penerapannya kami serahkan kepada masing-masing perusahaan dengan mengacu pada jumlah persentase yang sudah ditentukan itu,” ujar Purwo Widodo, Ketua Organda Angsuspel Tanjung Emas Semarang.

Hal yang sama juga dilakukan Organda Angsuspel Tanjung Perak Surabaya. “Di Tanjung Perak juga naik 24%,” kata Kody Lamahayu, Ketua Organda Angsuspel Tanjung Perak Surabaya kepada pers.

Tarif truk naik tersebut sudah diberlakukan mulai tanggal 4 September 2022, pasca pengumuman BBM naik oleh presiden Jokowi tanggal 2 September.

“Sekarang ongkos dari Priok ke Kerawang, biasanya Rp 1.300.000, jadi Rp 1.500.000. itu mobil sedang,” ucap Ajat, salah seorang pengguna jasa truk di Priok.

Kenaikan tersebut, memicu harga barang juga ikut naik, terutama Sembilan bahan pokok atau  Sembako.

 

(Redaksi ISL News/***).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Aptrindo dan Anguspel Naikkan Ongkos Angkut Kontener dan Cargo Umum Sebesar 20 Persen Lebih

Terkini

Topik Populer

Iklan layanan ISL 4 media grup