Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Perhubungan Laut Kembali Layani Penerbitan PAS KECIL Gratis Bagi Perahu Kayu Tradisional di bawah GT 7 di BATAM

22/07/22, 10:33 WIB Last Updated 2022-07-22T03:35:17Z


BATAM (ISL News) -
 Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam bekerja sama denga  Dinas Perhubungan Kota Batam mengadakan gerai pengukuran dan penerbitan dokumen Pas Kecil secara gratis untuk kapal-kapal tradisional yang berukuran GT di bawah 7 di wilayah Pelabuhan Batam.


Kegiatan ini menindaklanjuti Surat Edaran Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam mengenai Pemenuhan Persyaratan Keselamatan Kapal Dengan Tonase Kotor Kurang Dari GT 7 di wilayah Perairan Batam.


Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam, Rivolindo mengatakan hal ini dilaksanakan guna memastikan bahwa kapal-kapal yang meskipun dibangun secara tradisional tetap wajib memenuhi aspek kelaiklautan kapal untuk kapal dibawah GT 7.


"Pelaksanaan Gerai pengukuran dan penerbitan bertujuan untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap kapal-kapal tradisional yang mengangkut penumpang maupun barang agar kapal-kapal tersebut dapat beroperasi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sehingga kapal dapat beroperasi dengan aman, nyaman dan tidak mencemari lingkungan," ujarnya.


Gerai pengukuran dan pemeriksaan dilakukan keliling diseluruh wilayah Pelabuhan Batam yang menjadi tempat-tempat bongkar muat kapal-kapal tradisional seperti di dermaga Batu Ampar, Sengkuang, Punggur, Tanjung Sengkuang dan Sekupang.


"Semua kegiatan ini dilaksanakan secara gratis atau tidak dipungut biaya dan ditargetkan sebanyak 300 kapal tradisional dapat diberikan pelayanan secara gratis ini, di samping itu semua kapal juga akan diberikan lifejacket secara gratis oleh KSOP Khusus Batam sebagai alat keselamatan di atas kapal," ungkapnya.


Selama kegiatan gerai ini diawasi langsung oleh Kepala Bidang Kelaiklautan Kapal KSOP Khusus Batam untuk memastikan proses pengukuran, pemeriksaan dan penerbitan dokumen Pas Kecil tetap dilakukan sesuai prosedur yang ada oleh Ahli Ukur dan Pejabat Pemeriksa Keselamatan Kapal KSOP Khusus Batam meskipun dilakukan secara gratis.


(Redaksi ISL News/Humas HUBLA/email:islnewstv@gmail.com).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perhubungan Laut Kembali Layani Penerbitan PAS KECIL Gratis Bagi Perahu Kayu Tradisional di bawah GT 7 di BATAM

Terkini

Topik Populer