Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Mudik Idulfitri 1444 H, Diestimasi Penumpang di Pelabuhan Makassar Paling Banyak

01/04/23, 16:56 WIB Last Updated 2023-04-01T09:57:25Z

 


 


MAKASSAR (ISL News) - 
Menjadi pelabuhan terbesar di Kawasan Timur Indonesia (KTI) membuat Pelabuhan Makassar selalu ketiban jumlah penumpang yang cukup besar terutama di momen hari raya seperti mudik Lebaran tahun 2023/1444 Hijriah.

 

Kondisi tersebut membuat Pelabuhan Makassar yang berada di bawah pengelolaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar selalu menjadi nomor satu yang paling banyak menampung penumpang yang naik dan turun dari kapal.

 

“Seperti pada musim mudik Lebaran tahun lalu, di momen mudik Lebaran kali ini jumlah kenaikan total penumpang naik dan turun juga diprediksi mengalami peningkatan sekitar 5%,” kata Suhadi Hamid, General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar.

 

Dia menyebutkan bahwa Pelabuhan Makassar selalu memimpin The Big Five atau lima besar pelabuhan di Regional 4 dengan jumlah penumpang terbanyak khususnya pada musim-musim mudik hari haya. Menyusul kemudian Pelabuhan Parepare, Balikpapan, Ternate, dan Ambon.

 

“Pada mudik Lebaran tahun lalu, total jumlah penumpang naik dan turun di Pelabuhan Makassar mencapai 88.378 orang. Diestimasi pada periode yang sama tahun ini meningkat sebesar 5% menjadi 92.797 orang penumpang,” sebutnya.    

 

Meski begitu, dia mengakui dari sisi call atau kunjungan kapal di musim mudik Lebaran, Pelabuhan Makassar berada di posisi paling bontot dalam lima pelabuhan besar di  Regional 4. Di mana jumlah call kapal pada Lebaran 2022 lalu mencapai 89 call, dan jumlah itu juga diprediksi bakal meningkat sebesar 5% atau menjadi 90 call di musim mudik Lebaran tahun ini. 

 

Antisipasi Lonjakan Penumpang

 

Setiap tahun saat menghadapi musim mudik Lebaran, GM Pelindo Regional 4 Makassar Suhadi Hamid menuturkan bahwa pihaknya selalu berupaya melakukan langkah-langkah antisipasi agar lonjakan penumpang bisa diatasi dengan baik.

 

“Hal yang selalu kami upayakan yaitu dengan melakukan peningkatan fasilitas terminal penumpang. Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa Pelabuhan Makassar adalah pelabuhan terbesar di Regional 4 dan hampir setiap tahun memiliki jumlah penumpang terbanyak, terutama saat momen-momen hari raya,” terangnya.

 

Oleh sebab itu, peningkatan fasilitas terminal penumpang yang selalu dilakukan antara lain memastikan kesiapan fasilitas pendukung terminal penumpang yaitu AC atau kipas angin, kebersihan toilet, musala, ruang menyusui, ruang informasi, dan alat bantu untuk penumpang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas.

 

“Selain itu kami juga melakukan perbaikan pengaturan proses chek in, embarkasi (pemberangkatan) dan debarkasi (penurunan) agar tidak menimbulkan antrean penumpang yang berdesakan,” bebernya.

 

“Juga melakukan sterilisasi dermaga dan terminal penumpang dari orang atau kendaraan yang tidak berkepentingan, melakukan kesiapan ruang kesehatan, tenaga medis, fasilitas kesehatan berupa kotak P3K dari Kantor Kesehatan Pelabuhan.”

 

Pihaknya juga melakukan berbagai penyiapan fasilitas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau rambu K3, perbaikan dan penambahan luasan ruang tunggu sementara (RTS) sebagai ruang tunggu calon penumpang untuk rute pelayaran selanjutnya yang sudah tiba lebih awal di pelabuhan, perbaikan fasilitas penunjang pada ruang tunggu terminal penumpang seperti perbaikan dan kebersihan ruang musala, penambahan dan perbaikan toilet  diruang tunggu calon penumpang dan RTS, serta menyediakan leaflet atau informasi tertulis/visual tentang jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal penumpang. Juga menyiapkan Wifi di terminal penumpang dan penyediaan personal pengamanan (security) dan CCTV untuk memantau ketertiban dan keamanan di terminal penumpang.

 

“Kami akan selalu berupaya memberikan fasilitas yang terbaik buat para pengguna jasa moda transportasi laut khususnya di Pelabuhan Makassar, agar para penumpang kapal selalu merasa aman dan nyaman,” ujarnya.

 

“Kami berharap mudik kali ini bisa berjalan aman dan lancar,” harap Suhadi.

 

Mudik Gratis Bersama Pelindo

 

Dia juga menyampaikan bahwa tahun ini Pelindo kembali menyelenggarakan Mudik Gratis dengan tema “Mudik Dinanti, Mudik di Hati Bersama BUMN 2023” yang merupakan program Kementerian BUMN. Di mana untuk di wilayah Makassar, rute perjalanan mudik gratis yakni Makassar – Palopo (PP) dan Makassar – Bulukumba (PP) dengan jadwal keberangkatan yaitu pada Senin, 17 April 2023.

 

“Masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis melalui program ini bisa segera mendaftar melalui link https://linktr.ee/MudikBersamaPelindo2023?utm_source=qr_code. Syaratnya hanya KTP, Kartu Keluarga (KK), dan Sertifikat Vaksin ke-2 atau Booster ke-1. Ingat ya, program ini TIDAK DIPUNGUT BIAYA alias GRATIS,” tukasnya.


(Redaksi ISL News/HumasPelindo Regional 4 head/email:islnewstv@gmail.com).   

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mudik Idulfitri 1444 H, Diestimasi Penumpang di Pelabuhan Makassar Paling Banyak

Terkini

Topik Populer