Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

Arif Suhartono dan Alif Abadi Sepakati Akses Tol Laut NPCT One melalui KBN Marunda

07/11/22, 15:04 WIB Last Updated 2022-11-07T08:07:16Z

 


JAKARTA UTARA -
PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) bersinergi dengan  PT Pelabuhan Indonesia/Pelindo (Persero) dengan melakukan komitmen kerjasama dalam rangka integrasi Pelabuhan Tanjung Priok dan Kawasan KBN dengan mengoptimalkan akses khusus atau disebut New Priok Eastern Access (NPEA) guna meningkatkan efisiensi aktivitas logistik dan konektivitas Pelabuhan yang menghubungkan Terminal Kalibaru Utara atau NPCT One. Adapun NPEA merupakan jalan akses yang melengkapi Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC).


Terbentuknya kerja sama ini sangat penting untuk ekosistem Pelabuhan di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang diharapkan dapat mengakomodasi trafik petikemas di Tanjung Priok karena lebih dari 50% traffic petikemas Tanjung Priok berasal dari Timur Jakarta.


Pengukuhan komitmen ini dilakukan melalui Penandatanganan Kesepakatan Bersama terkait Optimalisasi New Priok Eastern Access (NPEA) pada Rabu pekan kemarin (02/1/2022) yang dilaksanakan di Kantor Pusat PT Danareksa (Persero) serta ditandatangani langsung oleh Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono dan Direktur Utama PT KBN Alif Abadi yang disaksikan oleh Direktur Utama PT Danareksa (Persero) Arisudono Soerono.


Direktur Utama PT Danareksa (Persero), Arisudono Soerono mengatakan, kerjasama antara Pelindo dengan anggota holding Danareksa, PT KBN, menjadi langkah kerja sama selanjutnya dengan Kawasan Industri lainnya yang masih anggota holding Danareksa seperti Kawasan Industri Medan (KIM), Kawasan Industri Makasar (KIMA), Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) Semarang, Kawasan Industri SIER Surabaya dan Kawasan Industri JIEP.


Panjang jalan akses khusus ini sepanjang 6,6 kilometer, separuh berada di laut, setengah lagi di darat yang akan bersinggungan dengan Hak Pengelolaan Lahan (HPL) milik PT KBN seluas +10 Ha.


Sementara itu, Direktur Utama PT KBN, Alif Abadi menyampaikan  bahwa NPEA ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana Perpres No.7 tahun 2021, sehingga diharapkan kerjasama sinergi ini akan terus dioptimalkan, bukan hanya terkait kerjasama pada proyek NPEA namun bisa dari segi lain, dengan tetap mendapat dukungan dari PT Danareksa (Persero).


Kedepannya, proyek New Priok Eastern Access (NPEA) diharapkan mampu mengurangi risiko kongesti di jalan eksisting, sehingga dapat memberikan Layanan Logistik yang efisien serta dapat meningkatkan konektivitas Pelabuhan & area hinterland


Terminal Kalibaru dan Pelabuhan Tanjung Priok akan terhubung langsung dengan JTCC, sehingga meningkatkan konektivitas antara Pelabuhan dan Kawasan Industri KBN.


“Kerjasama baik ini sudah ditunggu-tunggu karena akan berdampak luar biasa baik untuk Pelindo maupun KBN, serta mampu mendorong peningkatan konektivitas logistik di Indonesia. Melalui program ini, kawasan KBN diproyeksikan akan menjadi kawasan yang premium karena terkoneksi langsung dengan Terminal Kalibaru,” ujar Arif Suhartono Dirut Pelindo.


(***/ Tim Red ISL).

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Arif Suhartono dan Alif Abadi Sepakati Akses Tol Laut NPCT One melalui KBN Marunda

Terkini

Topik Populer

Iklan layanan ISL 4 media grup