Iklan Top Header PT BKI (Persero)


 

terkini

PELINDO Regional 2 TANJUNG PRIOK Rayakan HUT 1 Tahun INTEGRASI PELINDO

14/10/22, 19:36 WIB Last Updated 2022-10-14T12:37:54Z

 




JAKARTA TANJUNG PRIOK (ISL News)
– Tak terasa setahun sudah Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan penggabungan PT Pelabuhan Indonesia I, II, III, dan IV menjadi PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo. Peresmian Penggabungan Pelindo dan Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo 14 Oktober 2022. 1 Oktober dipilih sebagai hari jadinya.



Di Indonesia pelabuhan laut dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia (Perseo) yang dioperasikan dengan empat perusahaan berbeda yakni Regional I, II, III dan IV. Regional I berpusat di Medan dengan wilayah kerja Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau. Regional II membawahi 10 provinsi mulai dari Sumatera Barat hingga Jawa Barat dengan 12 pelabuhan dengan kantor pusat di Jakarta.


Sedangkan Regional III berpusat di Surabaya dengan membawahi Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, sementara Regional IV membawahi daerah lainnya di Indonesia bagian Timur. Dan induk atau Kantor Pusat (Holding) Pelindo bertempat di Jakarta berdekatan dengan Regional 2 Tanjung Priok. GM Pelindo Regional 2 Tanjung Priok M Hadi Syafitri Noor pimpin acara seremoni perayaan HUT 1 Pelindo. Secara simbolis memotong Tumpeng dibagikan kepada jajaran nya serta pegawai.


Wacana integrasi empat BUMN operator pelabuhan itu sebenarnya sudah lama dibahas oleh pemerintah. Tercatat pada 2015, Presiden Joko Widodo sempat menyinggung reformasi ekosistem logistik nasional, salah satunya melalui integrasi pelabuhan.


Tingginya biaya logistik menjadi salah satu alasan integrasi ini. Telah lama dibahas oleh berbagai pihak terkait. Berdasarkan data Kementerian Keuangan tahun 2019, biaya logistik di Indonesia masih tergolong mahal yaitu mencapai 23,5 persen dari produk domestik bruto (PDB).


Integrasi kepelabuhanan ini diharapkan dapat mengembangkan konektivitas maritim, standarisasi pelayanan pelabuhan serta akan berdampak pada peningkatan kinerja dan efisiensi bagi BUMN Pelabuhan dalam berkompetisi secara global. Menjadikan Pelindo sebagai Pemimpin Ekosistem Maritim Berkelas Dunia.


(Redaksi ISL News/Humas Pelindo Regional 2 Tanjung Priok/email:islnewstv@gmail.com).  

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PELINDO Regional 2 TANJUNG PRIOK Rayakan HUT 1 Tahun INTEGRASI PELINDO

Terkini

Topik Populer

Iklan layanan ISL 4 media grup